Pasar Ponsel 2019 Lesu, Ini Daftar Ponsel yang Bertahan

Telset.id, Jakarta – Jumlah pengiriman ponsel secara global diperkirakan mengalami penurunan pada 2019. Beruntung, angka tersebut berpotensi menggeliat berkat kehadiran 5G.

Menurut riset Digitimes Research, pengiriman ponsel secara global diperkirakan turun di bawah 1,5 miliar unit tahun depan. Riset yakin, penurunan pengiriman ponsel pada tahun 2019 ini merupakan fase yang sebenarnya.

Dilansir Phone Arena, baru-baru ini Counterpoint Research memperkirakan bahwa 1,55 miliar ponsel telah terjual di seluruh dunia pada tahun lalu. Jumlah itu sedikit meningkat dibanding 1,51 miliar pada 2016.

Perusahaan riset tersebut juga melaporkan penurunan penjualan sebesar tiga persen dari tahun ke tahun. Secara perbandingan, pengiriman pada kuartal satu dan kuartal dua mengalami penyusutan sebesar dua persen.

Kemungkinan besar, pasar akan mengalami penurunan tahunan pertama pada 2018, diikuti penurunan kecil atau angka pengiriman stagnan pada tahun depan. Kalaupun ada satu Hal yang bisa “menyelamatkannya” itu Tak lain adalah kehadiran 5G pada 2019 dan 2020.

Masih berdasarkan hasil penelitian, peningkatan signifikan pengiriman ponsel akan terjadi pada 2023 dengan jumlah mencapai 1,7 miliar unit. Pencapaian tersebtu bakal mewakili pertumbuhan industri secara jangka panjang.

Menariknya, Digitimes menyebut, Samsung, Apple, Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Vivo tetap bertahan sebagai vendor besar ponsel. Sementara HMD Global diperkirakan bakal terus berkembang dengan merek Nokia-nya, mengalahkan Meizu, TCL, serta ZTE. [BA/IF]

Sumber : Phone Arena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here