Pasar Lesu, Apple Tempel Ketat Samsung

Laba Samsung naik

Telset.id, Jakarta – Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) kembali merilis jumlah data pengapalan smartphone dunia pada kuartal pertama 2017. Berdasarkan data yang ada, pengapalan dilaporkan sedikit meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meski pasar lesu, terlihat Apple tempel ketat Samsung di Q1 2017.

Dilansir dari laman Phonearena, IDC melaporkan bahwa ada peningkatan sekitar 4,3 persen jika dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya. Meskipun mampu menjual 347,4 juta unit, namun pengapalan ini dianggap masih cukup lesu.

Untuk jumlah pengapalan sendiri, Samsung dilaporkan masih merajai vendor paling banyak mengirim produk mereka selama tiga bulan awal di tahun 2017. Mereka berhasil mengirimkan 79,2 juta unit dan pangsa pasar 22,8 persen.

Di peringkat kedua Apple dengan jumlah pengapalan 51,6 juta unit dengan pangsa pasar 14,9 persen. Kemudian diikuti oleh Huawei dengan jumlah pengiriman sebanyak 34,2 juta unit dengan pangsa pasar 9,8 persen.

Kemudian ada Oppo dan Vivo dengan masing-masing 25,6 juta unit (7,4 persen) dan 18,1 juta unit (5,2 persen). Sedangkan sisanya erbagai vendor smartphone lain dengan total pengapalan 138,7 juta unit.

Namun Program Vice President IDC Worldwide Quarterly Mobile Device Trackers Ryan Reith mengatakan jumlah ini menganggap jumlah ini tidak akan stagnan dan akan terus meningkat dengan berjalannya waktu.

“Kami yakin industri akan menunjukkan sejumlah pertumbuhan pada 2017 dan hasil tiga bulan pertama mendukung argumen ini,” jelas Ryan dalam keterangan tertulisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here