Palapa Ring Diproyeksikan Rampung September 2018

Telset.id, Jakarta – Pemerintah terus menggeber proses penyelesaian proyek Palapa Ring. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan Palapa Ring Paket Tengah diproyeksikan selesai September tahun ini.

Menkominfo mengakui ada kelambatan dalam pengerjaan proyek Palapa Ring Tengah. Untuk itu dia sengaja datang ke lokasi pembangunan infrastruktur telekomunikasi tersebut supaya ada kapal untuk memasang peralatannya.

“Kalau tidak (datang) kapal tidak datang ke sini. Ini untuk memastikan semua selesai di akhir 2018, jadi Agustus bisa selesai, kemudian uji stabilitas sampai September,” ujar Menkominfo, saat menyaksikan penggelaran kabel laut Perairan Tateli, Pineleng, Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (25/05/2018) lalu.

Untuk memastikan perizinan selesai agar bisa mempercepat pemasangan kabel laut, Menteri Rudiantara meminta bantuan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Dia juga menyatakan tidak akan membebani pemerintah daerah (Pemda) setempat dalam pembangunan proyek nasional tersebut. Pembangunan Palapa Ring merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan Nawacita ke-3.

“Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” kata dia.

Pemerintah membangun ‘jalan tol’ informasi melalui Palapa Ring dalam bentuk pembangunan serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia. Proyek ini dibangun secara gotong royong antara operator telekomunikasi dan pemerintah.

Sebagai infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar), Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa RIng Paket Tengah dan Palapa Ring Paket Timur.

Proyek Palapa Ring Paket Tengah akan menghubungkan 17 kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 km.

Baca juga: Palapa Ring Buka Akses Internet Cepat di Indonesia Timur

“Jika Palapa Ring selesai, semua kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan jaringan tulang punggung serat optik. Dengan demikian, layanan yang ada di Jawa dan daerah lain tidak memiliki gap yang besar,” jelas dia.

Olly Dondokambey mengaku optimistis proyek Palapa Ring Paket Tengah akan selesai sesuai rencana. Jika proyek ini selesai, masyarakat Sulut bakal menikmati kualitas jaringan internet yang lebih baik dengan adanya akses broadband.

“Nantinya tidak ada lagi jaringan internet yang terputus. Sehingga semua masyarakat bisa menggunakan internet dengan optimal,” tutur dia.

Direktur Utama LEN Telekomunikasi Indonesia (LTI) Raden Wahyu Panca Gelora menyatakan Palapa Ring Tengah menyambungkan kabel telekomunikasi di darat dengan laut melalui BMHl. Dia juga mengklaim perizinan rute terakhir ke laut sudah selesai sehingga kapal sudah bergerak terus untuk memasang kabel.

“Ditargetkan 7 Agustus selesai untuk kapal. Sementara yang darat sudah selesai,” pungkas dia. [WS/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI