Nokia & Ooredoo Ujicoba Jaringan Berkecepatan 40 Gbps

Telset.id, Jakarta – Nokia dan operator seluler Ooredoo Qatar mengatakan bahwa mereka berhasil mencapai kecepatan simetris 40 gigabit per detik dalam ujicoba jaringan menggunakan teknologi serat optik Time & Wavelength Division Multiplexing Passive Optical Network (TWDM-PON) di Doha, Qatar.

Teknologi TWDM-PON disebut sebagai teknologi generasi berikut dari passive optical network 2, dikembangkan di jaringan single fiber Ooredoo yang sudah ada sebelumnya. Nokia mengatakan bahwa teknologi tersebut mampu memberikan tambahan kapasitas untuk jaringan yang ada.

Lebih dari itu, teknologi TWDM-PON Nokia dikatakan mampu memberikan 4 wavelengths tambahan, dimana masing-masing wavelengths sanggup memberikan kecepatan simetris hingga 10 Gbps, jadi jika ditotal mencapai 40 Gbps.

Inovasi Nokia tersebut juga memungkinkan operator untuk meng-upgrade jaringan PON gigabit yang ada dengan kecepatan hingga 2.5Gbps ke XGS-PON dengan kecepatan hingga 10 Gbps dan di masa depan menjadi TWDM-PON dengan kecepatan hingga 40 Gbps.

“Melalui ujicoba yang sukses saat ini dengan teknologi NGPON Nokia, kami bergerak menuju pengembangan teknologi yang bisa menghadirkan kecepatan 40 Gbps untuk memberikan pengalaman broadband yang lebih baik bagi pelanggan individu dan layanan high-bandwidth yang dibutuhkan oleh pelanggan enterprise,” kata CEO Ooredoo Qatar,  Waleed Al Sayed.

“Ini adalah langkah bagi kita ke arah yang memungkinkan IoT, rumah pintar dan layanan smart city  di negara ini,” sambungnya.

Pada akhir September, Ooredoo mengatakan jaringan serat optik nya telah menghubungkan lebih dari 408.000 rumah di seluruh negeri dengan 293.000 rumah yang terhubung ke jaringan telko. Ooredoo juga beroperasi di Indonesia, Irak, Kuwait, Oman, Aljazair, Tunisia, dan Myanmar. [HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here