Home NEWS TELKO Network Sharing Bisa Selamatkan Devisa Negara

Network Sharing Bisa Selamatkan Devisa Negara

Telset.id, Jakarta – Salah satu cara untuk mencapai tingkat efisiensi dalam industri telekomunikasi adalah dengan menerapkan network sharing. Bahkan di Indonesia, cara ini dipercaya bisa menyelamatkan devisa negara yang selama ini “terbuang” ke luar negeri.

Network sharing pada dasarnya merupakan mekanisme penggunaan bersama infrastruktur aktif telekomunikasi antar operator telekomunikasi di suatu negara.

Pakar Telekomunikasi, Merza Fachys memandang network sharing sebagai sebuah kebutuhan, karena solusi ini dinilai dapat melindungi devisa negara.

“Kita harus melihatnya bukan dari scoop operator, melainkan nasional,” ujar Merza kepada Tim Telko.id.

Ia mengungkapkan, saat ini semua perangkat yang ada di jaringan telekomunikasi berasal dari luar negeri atau impor. Dengan demikian, maka devisa negara terus digunakan untuk membeli perangkat tersebut dari luar negeri.

Merza  memberikan contoh di sebuah kota kecil di Indonesia dengan penduduk 300 ribu jiwa yang sebenarnya hanya setengahnya menggunakan layanan telepon, tapi dilayani oleh lima operator. Padahal kapasitas dari jaringan yang dibangun untuk masing-masing operator melebihi dari jumlah pengguna di wilayah tersebut.

“Untuk apa devisa negara dihamburkan untuk membeli lima network di wilayah tersebut, kebanyang gak pemborosan negara kita ini,” ujarnya.

Menurut Merza, network sharing tak bisa dipungkiri adalah sebuah kebutuhan bagi negara. “Dari dulu ini memang sudah menjadi kebutuhan. Kebutuhan untuk apa? Untuk menghemat devisa negara yang langka,” tegas Merza.

Ia juga mengungkapkan ketidakrelaannya akan devisa negara yang terus dihambur-hamburkan untuk pembiayaan infrastruktur telekomunikasi Indonesia.

Sekadar informasi, saat ini setidaknya terdapat tiga vendor besar yang ikut ‘meraup’ devisa negara untuk pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, yakni Huawei, Nokia dan Ericsson.

“Kecuali kita sudah bisa bikin sendiri jaringan telekomunikasi. Tapi ini masih beli dan harus beli keluar negeri,” imbuhnya.

Terkait efisiensi dari para operator, Merza mengungkapkan bahwa bukan soal mau atau tidak mau, karena semua operator pasti ingin menekan biaya operasionalnya.

Dijelaskan, bahwa hadirnya network sharing juga dapat memberikan dampak positif kepada pelanggan, seperti tarif yang akan menjadi lebih terjangkau. Skema MCON dari network sharing juga dapat dimanfaatkan untuk daerah rural dan USO.

“Pemerintah harus segera membuat peraturan yang kuat untuk network sharing, agar dapat melindungi devisa negara yang banyak terbuang ke luar negeri,” pungkasnya. [HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version