telset

Microsoft dan Xiaomi “Kongsian” Bikin Perangkat AI

Telset.id, Jakarta – Microsoft dan Xiaomi telah menandatangani nota kesepahaman untuk bekerja sama dalam komputasi awan dan membuat perangkat AI atau Artificial Intelligence.

Kemitraan keduanya cukup mengagetkan mengingat selama ini jarang ada perusahaan asal Amerika Serikat (AS) berkolaborasi dengan perusahaan China. Apalagi, proyek yang digagas adalah perangkat AI atau kecerdasan buatan.

[Baca juga: Antisipasi Spionase China, AS Siapkan Jaringan 5G]

Namun, apapun komentar publik, Microsoft dan Xiaomi menganggap kerja sama tersebut sangatlah masuk akal. Sebab, AS dan China merupakan pasar terbesar untuk produk perangkat AI.

Menurut The Verge, Microsoft berencana mengizinkan Xiaomi untuk menggunakan produk komputasi awan, termasuk Azure, guna mengembangkan ponsel, laptop, dan perangkat cerdas berlevel internasional.

Kemitraan keduanya juga akan memberi jangkauan lebih kepada Microsoft untuk mengakses pasar China. Keduanya bahkan sedang berdiskusi tentang kemungkinan mengintegrasikan Microsoft Cortana dengan speaker Mi AI.

Microsoft memang baru saja mengembangkan speaker pintar Cortana, Harmon Kardon Invoke, untuk bersaing dengan produk Amazon dan Google. Microsoft juga ingin menghalangi dominasi Apple.

Kedua perusahaan juga sedang membicarakan proyek di bidang lain menggunakan teknologi AI. Kalau proyek-proyek mereka terealisasi, bisa jadi para kompetitor bakal kelabakan. Jika rencana ini berjalan mulus, bukan tak mungkin Microsoft dan Xiaomi berpotensi menguasai pasar perangkat AI. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0