Menkominfo Pastikan Sistem TI Asian Games 2018 Siap

Telset.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan sistem teknologi informasi (TI) untuk Asian Games 2018 sudah siap dipergunakan. Hal ini dikatakannya usai melakukan peninjauan kesiapan sejumlah lokasi alias venue yang akan digunakan untuk pertandingan olahraga terbesar di Asia tersebut.

“Tadi meninjau kesiapan tempat untuk BMX, hoki, tenis, praktis sudah siap semua. Terus juga meninjau TI-nya,” kata Menkominfo dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Menkominfo mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ketika meninjau venue untuk cabang olahraga sepeda di Pulo Mas, Jakarta Utara.

Selain itu, rombongan pejabat negara yang dipimpin Wapres Jusuf Kalla juga meninjau venue hoki dan tenis luar ruangan di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Kominfo Bakal Pangkas 40 Regulasi, untuk Apa?

Menurut Rudiantara pihaknya sudah melakukan beberapa uji coba untuk mengetes sistem TI yang digunakan dan melakukan perbaikan dari hasil evaluasi tim terkait.

“Fiturnya sudah, user, aset dan tes sudah, mudah-mudahan (sistem TI) tidak ada masalah,” imbuh dia.

Sebelumnya, Kemkominfo telah menyiapkan hal-hal untuk menunjang pelaksanaan Asian Games 2018, antara lain dalam hal sistem tiket daring, registrasi, serta rencana penayangan hasil pertandingan secara langsung dan online.

Kominfo juga telah melakukan berbagai langkah antisipasi di setiap celah dan sektor yang berpotensi menjadi target serangan siber. Ini untuk mengindari terjadinya aksi peretasan oleh hacker seperti pada pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 lalu.

Baca juga: Pemerintah Genjot Infrastuktur Telekomunikasi di Daerah

Disamping itu akan ada ujicoba jaringan 5G yang dipergunakan disekitar lokasi olah raga selama event tersebut berlangsung. Dengan jaringan anyar tersebut, masyarakat bisa mencoba kecepatan internet yang diklaim jauh lebih cepat dibanding saat ini. [WS/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0