Memulai 2018, Apple Meraup keuntungan Rp 4 Triliun dari App Store

Telset.id, Jakarta – Apple dikabarkan baru saja memecahkan rekor mereka di awal tahun 2018 ini. Hal ini dikarenakan para pengguna perangkat mereka, dikabarkan sangat antusias dalam menggunakan layanan App Store, baik untuk membeli aplikasi, game, atau kredit di dalam game sepanjang musim liburan ini.

Mengutip dari laman resmi Apple, mereka meraup keuntungan sebesar USD 300 juta atau sekitar Rp 4 triliun terhitung dari 25 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Kepala pemasaran Apple Phile Schiller menyatakan kegembiraannya atas tanggapan yang diberikan konsumen terhadap App Store versi baru, yang diperkenalkan pada iOS 11.

[Baca Juga : OS Legendaris Apple Seharga Rp 325 Juta akan Digratiskan]

Dari data yang diperoleh oleh perusahaan asal Cupertino tersebut, game Augmented Reality (AR) Pokemon Go lah menjadi aplikasi paling menyumbangkan pendapatan terbanyak. Hal ini dkarenakan game tersebut baru mendapatkan pembaharuan 21 Desember 2017.

Selain itu, ada 2.000 game dengan kemampuan ARKit dikabarkan sudah bercokol di dalam Apple Store hingga saat ini. Beberapa diantaranya adalah CSR Racing 2, Stack AR, Kings of Pool, Amazon, Wayfair, Night Sky, Pitu, dan Snapchat.

Semakin banyaknya aplikasi berbasis AR ini seolah menepis kabar bahwa ketertarikan terhadap game AR telah memudar. Tentu saja, hal ini merupakan hal yang baik bagi Apple, dikarenakan mereka merupakan salah satu perusahaan yang menggemborkan AR pada tahun ini.

[Baca Juga : 7 Tanda iPhone Anda ‘Diperlambat’ Apple]

Seperti diketahui, layanan App Store baru saja mendapatkan desain ulang bersamaan dengan di perkenalkannya iOS 11 pada September silam. Desain ini diklaim akan lebih memudahkan para penggunanya.

Sedangkan total pendapatan yang sudah dihasilkan oleh Apple melalui App Store sudah mencapai USD 86 miliar, atau sekitar Rp 1.168 triliun. Jumlah ini merupakan akumulasi dari semenjak App Store pertama kali diluncurkan Juli 2008 silam. [NC/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here