Mau Apa MatahariMall dengan Tambahan Modal Rp 1,3 Triliun?

Telset.id, Jakarta – Tambahan modal sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,3 triliun didapat MatahariMall.com dari perusahaan konglomerat asal Jepang, Mitsui & Co, dengan partisipasi dari pemodal baru dan pemodal yang sudah ada. Mau diapakan duit sebanyak itu?

Investasi yang secara tidak langsung mengukuhkan MatahariMall.com sebagai salah satu perusahaan teknologi paling bernilai di Indonesia. Suntikan dana Rp 1,3 triliun itu rencananya akan digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar dan memperkuat kedudukan sebagai pemain eCommerce O2O terkemuka.

Untuk memuluskan niatnya, ecommerce yang didukung Group Lippo ini tak hanya memanfaatkan kekuatan tim, tetapi juga merek terpercaya, jaringan O2O terbesar, prasarana pengiriman yang kuat, produk eksklusif dan harga bersaing.

“Saya sangat bangga dengan kerja keras semua tim MatahariMall.com selama ini. Kami juga sangat gembira menyambut Mitsui sebagai mitra kami. Kerja sama ini adalah validasi kuat terhadap visi kami, dan kami berharap bisa terus bertumbuh ke tahap selanjutnya,” kata Hadi Wenas, CEO MatahariMall.com dalam keterangan resminya, Rabu (19/10/2016).

“Visi kami adalah menjadi perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia dan menjadi mesin penggerak pertumbuhan industri eCommerce di kawasan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Emirsyah Satar selaku Chairman MatahariMall mengungkapkan bahwa pendanaan kali ini menunjukkan kepercayaan dan optimisme pemodal kepada MatahariMall.com dan peluang jangka panjang MatahariMall.com di Indonesia.

“Keahlian dan rekam jejak Mitsui di bidang teknologi dan logistik akan sangat menunjang rencana pertumbuhan MatahariMall.com,” imbuhnya.

Mitsui dan Grup Lippo menorehkan keberhasilan dalam menjalin kemitraan dan investasi di bidang teknologi dan media di Indonesia, termasuk penyedia layanan koneksi Internet 4G, Bolt, layanan jaringan televisi berbayar BIGTV, dan Pusat Data seluas 80.000 meter persegi. Investasi di MatahariMall.com akan dikucurkan dalam beberapa tahap dalam periode 12 bulan.

“Kami memiliki keyakinan pada Indonesia, terutama dalam peluang eCommerce di Indonesia. Kami telah mengikuti perkembangan MatahariMall.com yang begitu pesat sejak berdiri, dan sangat senang dapat berinvestasi di perusahaan ini,” ungkap Nobuaki Kitamori, COO ITC Mitsui & Co, dalam pernyataannya.

Ia menjelaskan, Mitsui berkomitmen terhadap visi jangka panjang MatahariMall.com dan berharap dapat membantu tim MatahariMall.com dalam merealisasikan rencana itu.

Bagi Mitsui & Co, MatahariMall.com sendiri merupakan perusahaan eCommerce teranyar yang menerima modal dari mereka. Pada Maret 2016, Mitsui memimpin pendanaan terhadap Mercari, perusahaan eCommerce C2C di Jepang, yang memiliki nilai perusahaan lebih dari 1 miliar dolar AS. [IF/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here