Kurangi Impor, LG Display Bikin Material OLED di Negara Sendiri

Telset.id, JakartaLG Display dan LG Chem saat ini sedang menciptakan bahan utama yang bernama dopan tipe-p untuk membuat bahan OLED secara mandiri untuk mengurangi ketergantungannya terhadap bahan impor.

Seperti yang sudah diketahui, LG Display adalah perusahaan terkenal di industri teknologi layar. Perusahaan ini berspesialisasi dalam pengembangan, produksi, serta penjualan teknologi layar, yang berfokus pada teknologi OLED dan LCD. Perusahaan ini memasok layar untuk berbagai produk, seperti HP, tablet, TV, dan layar untuk otomotif.

Berdasarkan laporan dari Korean Herald, LG Display dan LG Chem yang sebelumnya harus membeli material dopan tipe-p untuk membuat layar OLED dari negara lain, sekarang membuat material tersebut secara sendiri.

BACA JUGA:

Keputusan ini merupakan langkah besar bagi LG Display, karena mereka mencoba membuat lebih banyak komponen OLED di negaranya sendiri. Dilansir Telset dari Gizmochina, tahun lalu LG meningkatkan jumlah material yang dibuat dari pemasok lokal dari 58% menjadi 64%.

Sebagai informasi, material dopan ini mengubah cara kerja OLED, sementara itu dopan tipe-p adalah salah satu jenis bahan untuk membantu OLED bersinar secara merata, sehingga menggunakan lebih sedikit daya, dan bertahan lebih lama. Tetapi, beberapa dopan tipe-p mudah rusak oleh udara.

Pencapaian baru ini adalah hasil dari kerja sama antara LG Display dan LG Chem selama 10 tahun terakhir. LG Display mengerjakan desain materialnya, sedangkan LG Chem adalah perusahaan yang membuatnya. Bahan baru yang dibuat ini berfungsi sama seperti bahan yang biasa dibeli dari negara lain.

Yoon Soo-young, eksekutif di LG Display mengatakan bahwa perusahaan telah berupaya membuat bahan inti secara mandiri sejak meluncurkan TV OLED besar pertama yang diluncurkan pada tahun 2013 silam. Bahan baru ini penting untuk jenis OLED baru yang lebih cerah dan tahan lama.

Yoon Soo-young, seorang eksekutif di LG Display, mengatakan mereka telah berupaya membuat bahan inti mereka sendiri sejak meluncurkan TV OLED besar pertama mereka pada tahun 2013. Bahan baru ini bahkan lebih penting lagi untuk jenis OLED baru yang lebih cerah. dan bertahan lebih lama.

Selain itu, dengan membuat material ini secara sendiri, LG Display berharap memiliki rantai pasokan yang lebih baik, melindungi ide-idenya, dan tetap menjadi terdepan di pasar OLED. Mengingat pada awal tahun 2023, LG memiliki pangsa terbesar di pasar TV OLED global, melebihi Sony dan Samsung.

Dalam beberapa waktu kedepan, material baru yang dibuat ini juga akan diterapkan ke berbagai ukuran panel OLED. Lee Hyun-woo, ekskutif lainnya dari LG Display menjelaskan bahwa membuat dan memberi material secara lokal bisa membuat perusahaan menjadi terdepan di pasar OLED.

BACA JUGA:

Pergerakan menuju kemandirian dan kemajuan teknologi dalam industri layar OLED merupakan perkembangan yang signifikan, mengingat perusahaan juga memiliki kolaborasi dengan Apple. Namun, ada juga laporan yang menunjukan bahwa Apple bekerja sama dengan Samsung dan LG untuk membuat layar OLED tanpa bezel untuk iPhone.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI