Kota Makasar Nikmati Layanan 4G XL

Foto: dok. XL Axiata

Telset.id, Makassar Pelanggan XL di Makassar kini telah bisa menikmati layanan internet cepat 4G LTE. Sejak November 2016 lalu, layanan internet cepat XL telah sampai di Ibu Kota Sulawesi Selatan itu, dan akan menyusul kota-kota lainnya di Sulawesi.

XL berharap layanan internet cepat ini akan mampu ikut mendukung percepatan pembangunan di berbagai bidang di Sulawesi Selatan, termasuk juga bisa mendorong produktifitas ekonomi masyarakat setempat di era digital. Apalagi, Kota Makassar dan sekitarnya memiliki potensi ekonomi yang besar.

Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini, VP LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, Head of XL North Region, Handono Warih, Asisten IV Bidang Administrasi Setda Provinsi Sulawesi Selatan, DR. H. Ruslan Abu, SH., MH meresmikan layanan 4G dari XL di Makassar, Jumat (2/12).

“Layanan 4G LTE dari XL kini hadir Makassar, kota terbesar di Sulawesi, sekaligus pintu gerbang ke Kawasan Timur Indonesia. Karena itu kami berusaha keras agar Makasar bisa mendapatkan layanan 4G tahun ini,” kata Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini, dalam keterangan pers, Jumat (2/12/2016).

Dian mengungkapkan, setelah Makassar dan sebelumnya Manado, semoga tahun depan menyusul beberapa kota lagi di Sulawesi. “Kami yakin, keberadaan layanan internet cepat hingga ke pelosok daerah akan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan aktifitas ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Layanan 4G LTE di Makassar dan sekitarnya ditopang oleh lebih dari 169 BTS 4G. Area-area yang terjangkau layanan 4G pada tahap awal ini antara lain dalah Biringkanaya, Bontoala, Makassar, Mamajang, Manggala, Mariso, Panakkukang, Rappocini, Tallo, Tamalanrea, Tamalate, Ujung Pandang, Ujung Tanah, Wajo, Gowa, dan Mandai Maros.

Pada area-area tersebut terdapat pusat pemerintahan provinsi dan daerah, pusat bisnis lokal, sentra industri, beberapa lembaga pendidikan, pemukiman warga, Bandar Udara International Sultan Hasanuddin, Kantor Gubernur, Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Mall Panakkukang, Mall Ratu Indah, dan MTC Karebosi, serta publik lainnya.

“Saat ini pelanggan XL di Makassar dan sekitarnya hampir mencapai 500 ribu pelanggan, dengan sekitar 28% di antaranya telah menggunakan layanan 4G,”  tutur Dian.

Secara nasional, layanan 4G LTE dari XL telah melayani pelanggan XL di 89 kota di Indonesia. Sejak awal peluncuran layanan XL 4G LTE, jumlah pelanggan 4G telah mencapai lebih dari 10,5 juta pelanggan.

Saat ini, layanan 4G XL telah dapat dinikmati di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Serang, Cilegon, Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Cianjur, Indramayu, Subang, Cirebon, Purwakarta, Sumedang, Banjar, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, Tegal, Pekalongan, Batang, Brebes, Semarang, Salatiga, Magelang, Solo, Purwokerto, Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Malang dan Batu.

Sementara untuk wilayah di luar Jawa, layanan 4G XL telah ada di Batam, Medan, Deli Serdang, Pekanbaru, Palembang, Banyuasin, Belitung, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Tengah, Banjarmasin, Banjarbaru, Manado, dan Makassar.

Layanan 4G XL di Cianjur

Selain Makasar, XL juga memperluas cakupan layanan 4G LTE di wilayah Cianjur, Jawa Barat. Cianjur menyusul kota kabupaten di provinsi Jawa Barat lainnya untuk terlayani internet cepat 4G. Sebelumnya pelanggan serta masyarakat di Subang dan Indramayu.sudah bisa memanfaatkan layanan 4G XL lebih dulu.

Pada tahap awal ini, total jumlah BTS 4G  di Cianjur sejumlah 80 BTS. Jumlah BTS tersebut akan terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan.

Pelanggan layanan internet XL di  area Jawa Barat  saat ini mencapai sekitar 4 juta atau 57% dari total 7 juta pelanggan di area Jawa Barat.Hingga saat ini, XL juga telah melakukan modernisasi seluruh jaringannya dan telah tuntas beberapa  tahun lalu.[HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here