Kominfo Buka Blokir Steam, Counter Strike dan Yahoo

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akhirnya membuka blokir Steam, Yahoo dan beberapa layanan lainnya karena mereka telah mendaftarkan diri di situs PSE Kominfo.

Dikutip Telset dari situs resmi Kominfo pada Selasa (2/8/2022),  Kominfo melalui Ditjen Aptika telah berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp yang menaungi Steam, Counter Strike dan Dota.

Dalam komunikasi tersebut, akhirnya pihak pengelola berhasil melakukan pendaftaran PSE Kominfo. Alhasil Kominfo pun membuka blokir mereka sejak Selasa (2/8/2022).

“Valve Corp (Steam, Counter Strike GO, dan DOTA) dan Yahoo telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini, Selasa, 2 Agustus 2022,” tulis Kominfo.

Pada pertanyaan yang sama, Kominfo juga menyebut kalau PayPal sedang melakukan proses pendaftaran dan Sejak tanggal 31 Juli 2022 lalu, akses terhadap PayPal sudah dibuka.

“Paypal telah dibuka aksesnya sejak Minggu, 31 Juli 2022 pukul 08.00 WIB. Dengan demikian masyarakat sudah dapat mengakses ketiga grup PSE tersebut di atas,” sambung Kominfo.

BACA JUGA:

Kominfo Blokir Steam, Yahoo dan PayPal 

Steam Blokir Kominfo

Sebelumnya Kementerian Kominfo memblokir beberapa platform yang belum melakukan pendaftaran sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Total ada 10 layanan yang bakal diblokir Kominfo termasuk Steam, Epic Games hingga Dota.

Sebenarnya Kominfo telah mengirimkan surat kepada ke-10 Penyelenggara Sistem PSE yang mengoperasikan SE Terpopuler pada tanggal 22 Juli 2022. Adapun kesepuluh PSE yang dimaksud adalah Amazon.com, PayPal, Yahoo, Bing, Steam, Dota dan Counter Strike.

Lebih lanjut ada Epic Games, Battlenet, Origin. Tujuannya pengiriman surat untuk memberitahukan kembali kewajiban PSE untuk segera melakukan pendaftaran SE yang dioperasikan dalam waktu 5 hari kerja terhitung sejak 25 Juli 2022.

BACA JUGA:

Akan tetapi, berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Kominfo hingga 29 Juli 2022, mereka belum melakukan pendaftaran. Akhirnya Kominfo pada tanggal 30 Juli 2022 memblokir ke-10 layanan tersebut termasuk.

Lalu pada Minggu 31 Juli 2022, Kominfo memberikan update kalau pihaknya membuka blokir PayPal. Diikuti dengan membuka blokir Yahoo, Steam, Counter Strike GO dan Dota pada hari Selasa kemarin. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0