Kominfo dan Badan Geologi Kembangkan SMS Blast Kebencanaan

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Geologi Kementerian ESDM melakukan kerja sama penyebarluasan informasi kebencanaan erupsi gunung api dan geologi melalui SMS blast serta siaran televisi.

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kominfo Ahmad M. Ramli momentum kerja sama tersebut sangat tepat karena beberapa gunung api di Indonesia menunjukkan aktivitas yang meningkat.

“Alhamdulillah kerja sama Ditjen PPI dengan Badan Geologi berhasil dilakukan, dengan ditandai berhasilnya simulasi SMS blast dan berhasilnya penayangan informasi bencana ini melalui TVRI secara realtime,” ujar Ramli.

{Baca juga: Kominfo dan WhatsApp Kampanyekan Literasi Digital Nasional}

Dirjen Ramli menyatakan penyebaran informasi kebencanaan menjadi hal penting karena posisi geografis Indonesia berada di cincin api pasifik atau ring of fire di wilayah lintasan 2 jalur pegunungan.

Kondisi itu berimpilikasi pada aktivitas gunung api yang dapat menyebabkan gempa vulkanik.

“Selain itu juga dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik yang tiap tahunnya bergerak dimana pada suatu saat terjadi pelepasan mendadak yang kita kenal sebagai gempa tektonik,” jelasnya.

{Baca juga: Kominfo Kembali Buka Seleksi Pengguna Frekuensi 2,3 GHz}

“Indonesia terletak di wilayah katulistiwa memiliki 2 musim yakni hujan dan kemarau. Kondisi itu rawan terhadap potensi bencana hidrometrologis berupa hujan lebat yang dapat mengakibatkan banjir dan kemarau panjang,” tambah Ramli.

Informasi Bencana Harus Cepat

Kerja sama antara Ditjen PPI dan Badan Geologi itu merupakan upaya mewujudkan kehadiran negara dalam menciptakan rasa aman. Kerja sama ini dilakukan karena penyebaran informasi mengenai bencana harus cepat agar evakuasi bisa maksimal.

“Khususnya di daerah erupsi gunung api yang sangat membutuhkan informasi cepat untuk evakuasi agar terhindar dari risiko dan bahaya yang mengancam jiwa raga,” tegas Ramli.

Kominfo SMS Kebencanaan
Kominfo dan Badan Geologi Kementerian ESDM mengembangkan layanan SMS kebencanaan

Selain menyampaikan informasi bencana melalui SMS blast, pengembangan metode penyampaian melalui penyiaran televisi juga telah dilakukan. Tujuannya agar informasi bisa segera diperoleh oleh masyarakat khususnya masyarakat terdampak.

“Semoga saat terjadi bencana, sistem penyampaian informasi kebencanaan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya saudara-saudara kita yang langsung terdampak bencana geologi, aktivitas dan erupsi gunung api,” ungkapnya.

{Baca juga: Menkominfo Targetkan Infrastruktur TV Digital Selesai 2022}

Dilansir Telset dari laman resmi Kominfo pada Selasa (13/04/2021), penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Dirjen PPI Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli dan Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono pada Senin (12/04/2021).

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Andiani, perwakilan LPP TVRI, Direksi Operator Seluler PT Telkomsel, PT Indosat, PT XL Axiata, PT Hutchison 3 Indonesia, PT Smartfren, serta Direktur PT Telkom MD Media. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI