Kenapa Samsung Belum Bikin Smartphone Dual-Camera?

Telset.id, Jakarta – Samsung sepertinya belum tergoda mengikuti tren smartphone dual-camera. Padahal, hampir semua pesaingnya sudah mengadopsi teknologi tersebut, seperti Apple, LG, dan Huawei. Sebenarnya apa yang membuat Samsung belum mau ikut-ikutan membuat smartphone dual-camera?

Smartphone dual-camera telah diadopsi oleh banyak produsen, seperti LG, Apple dan Huawei. Bahkan, menurut laporan Korea Herald, tren ini telah membuat pendapatan pemasok komponen kamera seperti LG Innotek dan Samsung Electro-Mechanics meningkat signifikan.

Dalam laporannya Korea Herald menyebutkan bahwa LG Innotek berhasil mencatat angka pendapatan yang belum pernah mereka capai sebelumnya. Perusahaan ini membuat rekor dengan meraup pendapatan sebesar USD 103 juta di Q4 2016. Sebagian besar pendapatan berasal dari memasok komponen kamera untuk iPhone 7.

Menurut sejumlah analis, keuntungan LG Innotek diperkirakan akan terus tumbuh dan bahkan bisa “melebihi ekspektasi pasar”. Pundi-pundi perusahaan akan semakin bertambah seiring dengan akan dirilisnya LG G6 yang juga menggunakan teknologi dual-camera.

Sementara itu, Samsung Electro-Mechanics juga dikatakan untuk mencapai peningkatan penjualan yang besar, berkat kemitraan dengan Xiaomi dan Leeco (dibentuk pada Q3 2016). Dan potensi pendapatan akan semakin besar, karena Huawei, Oppo dan Vivo juga dikabarkan tengah terlibat pembicaraan kerjasama dengan Samsung.

Menariknya, berdasarkan laporan yang beredar menyebutkan bahwa Samsung masih belum akan menyematkan teknologi dual-camera pada smartphone flagship anyarnya, Galaxy S8 yang tak lama lagi akan dirilis.

Memang agak aneh melihat Samsung belum mau mengadopsi teknologi dual-camera di Galaxy S8, padahal sedang tren. Faktor harga yang masih terlalu mahal disebut-sebut menjadi alasan Samsung masih enggan mengintegrasikan teknologi tersebut pada smartphone buatannya.

Meskipun kenyataannya banyak produsen utama lainnya telah mampu mengadopsi teknologi dual-camera tanpa harus menaikkan harga handset-nya secara drastis. Lalu apakah memang hanya faktor harga yang menjadi alasannya?

[Baca juga: Usung Dual-Camera di Depan, Ini Bocoran Wujud Vivo V5 Plus]

Di luar alasan harga, kemungkinan Samsung masih belum cukup yakin dengan manfaat atau keuntungan secara keseluruhan dari penggunaan dual-camera saat ini. Tapi dengan semakin banyaknya produsen yang mengadopsi teknologi dual-camera, bisa saja Samsung akan berubah pikiran. Kemungkinan di Galaxy Note 8? Bisa jadi..[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI