UNDP dan Kemenkes Kontrol Kualitas Vaksin Pakai Solusi IoT Telkomsel

Telset.id, Jakarta – Telkomsel berkolaborasi dengan United Nations Development Programme (UNDP) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui aplikasi Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE) dengan menggunakan solusi Internet of Things (IoT Telkomsel).

Dengan menggunakan Solusi IoT Telkomsel yang terintegrasi di dalam aplikasi tersebut, akan memudahkan Kemenkes dalam menjaga kualitas vaksin termasuk vaksin Covid-19 dalam kondisi terbaik saat diberikan kepada masyarakat.

Baca juga: Solusi IoT Telkomsel, Bantu Digitalisasi Perusahaan dengan Efektif dan Efisien

“Kolaborasi dengan UNDP dan Kemenkes RI sejalan dengan semangat kami dalam membantu pemerintah melindungi dan mengakhiri pandemi melalui penyimpanan yang aman dan efektif,” lata VP Internet of Things Telkomsel Alfian Manullang, dalam keterangan pers, Jumat (20/8/2021).

Solusi Asset Performance Management dari Telkomsel IoT dapat membantu pengawasan terhadap temperatur dan kelembapan lemari pendingin tempat penyimpanan vaksin, termasuk vaksin Covid-19 yang berada di berbagai Puskesmas di seluruh Indonesia.

Asset Performance Management diharapkan mampu mentransformasi metode pengawasan suhu dalam lemari pendingin yang beberapa di antaranya masih diawasi secara manual oleh petugas sehingga berpotensi menurunkan kualitas dari vaksin tersebut.

Baca juga: Mobil PMI Pakai Solusi IoT Telkomsel untuk Tangani Covid-19

Asset Performance Management bekerja melalui sensor yang terhubung dengan konektivitas dari Telkomsel. Sensor yang ditempatkan di lokasi penyimpanan aset yang diawasi akan mengirim informasi, seperti suhu dan kelembaban secara real-time.

Selanjutnya, pihak Puskesmas bisa mengakses data-data tersebut melalui online dashboard yang terintegrasi, menampilkan informasi secara komprehensif dan memiliki fitur pengingat untuk memberi tahu jika ada anomali yang terjadi.

“Kami berharap, pemanfaatan teknologi IoT melalui solusi Asset Performance Management dapat membantu pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam menjalankan upaya pemulihan bangsa dari dampak Covid-19.

Telkomsel juga menyediakan berbagai solusi IoT bagi segmen enterprise di berbagai sektor bisnis dan pemerintahan, termasuk mengembangkan potensi penerapan teknologi terkini seperti 5G untuk mendukung sektor industri.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI