Kecepatan Download Smartfren Naik, Masuk Jajaran “Global Rising Star”

Telset.id, Jakarta – Smartfren terpilih sebagai operator dengan gelar “Global Rising Star” dengan peningkatan pengalaman jaringan seluler, dalam laporan terbaru Opensignal. Smartfren menjadi satu dari 30 operator teratas di dunia yang memiliki kualitas jaringan dan kecepatan download yang meningkat pesat.

Opensignal, perusahaan analitik seluler global memublikasikan laporan berjudul “Global Mobile Network Experience Awards 2022”. Laporan ini secara langsung membandingkan kualitas pengalaman jaringan seluler terbaik pada operator dari seluruh dunia.

Selain itu, laporan ini mengukur kualitas pada enam kategori yaitu, Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Unduh, Pengalaman Kecepatan Unggah, dan Pengalaman Ketersediaan 4G.

Opensignal menganugerahkan gelar “Global Rising Star” kepada Smartfren karena menjadi salah satu dari 30 operator telekomunikasi teratas di dunia dengan peningkatan pesat pada kualitas pengalaman jaringan seluler untuk lima kategori.

Baca juga: Paket Data Smartfren Terbaru 2022

Lima kategori peningkatan yang didapat Smartfren antara lain, Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Download, dan Pengalaman Kecepatan Upload.

Lebih lanjut, Smartfren juga menjadi operator dengan posisi kedua di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas Pengalaman Video yang mencapai 18% dan Pengalaman Game sebesar 26.9%.

Smartfen juga dinilai sebagai operator dengan peringkat ketiga di Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas Aplikasi Suara sebesar 5.3% dan peringkat ke-5 untuk Pengalaman Kecepatan Unggah dengan raihan 45.9%.

Selain Smartfren, Telkomsel dan Indosat juga menjadi operator Indonesia yang mendapatkan gelar “Global Rising Star”. Telkomsel memenangkan kategori Pengalaman Kecepatan Unggah yang meningkat 35%, sementara Indosat merengkuh kategori Pengalaman Video yang naik 8,7%.

5G Membuat Koneksi Internet di Indonesia Meningkat

Dalam laporan lainnya bertajuk “5G Impact on the Global Mobile Network Experience”, Opensignal mencatat bahwa kualitas dan kecepatan jaringan seluler di Indonesia mengalami sedikit peningkatan dalam peringkat global sebagai dampak positif dari adanya jaringan 5G.

Dalam hal kecepatan download, posisi Indonesia naik dari posisi ke-74 di Q1-2019 menjadi ke-68 pada Q4-2021. Adapun pada kuartal pertama di tahun 2019, Indonesia belum meluncurkan jaringan 5G.

Baca juga: Kecepatan Download di Indonesia Naik Peringkat

Lebih lanjut, Opensignal memaparkan bahwa skor pengalaman kecepatan download di Indonesia pada Q4-2021 juga meningkat 2,1 kali lipat dibandingkan awal tahun 2019 atau sebelum jaringan generasi kelima dirilis.

Skor pengalaman kecepatan unduh di Tanah Air tercatat 14,4 Mbps, naik dari sebelumnya yang berkisar 6,9 Mbps saja. Sementara secara global, pengalaman kecepatan download rata-rata meningkat di hampir semua negara.

Selain itu, posisi Indonesia dalam hal pengalaman game juga naik 3,7 poin sejak Q1-2020. Menempati peringkat ke-51, Indonesia mencatatkan skor 59.6 poin pada skala 100 poin. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0