Jelang Akhir Tahun 2016, XL Tingkatkan Kapasitas Jaringan Berlipat Ganda

Telset.id, Jakarta – XL mengantisipasi kemungkinan lonjakan trafik semua jenis layanan selama masa libur panjang akhir tahun dengan meningkatkan kapasitas jaringan.

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, mengatakan, pada masa libur panjang akhir tahun paling tidak ada tiga momen yang dijalani masyarakat dan pelanggan secara berangkai, yaitu libur semester anak sekolah, Natal dan Tahun Baru.

“Biasanya, masyarakat berbagi foto, video, ucapan, dan lain-lain dengan intensitas yang lebih tinggi. Nah, tugas kamilah memastikan pelanggan bisa membagi kebahagiaannya tersebut secara lancar dengan koneksi yang cepat dan stabil,” ujar Yessie dalam keterangnnya di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Menurut Yessie, teknologi digital telah melahirkan berbagai platform digital yang turut andil mengubah pola komunikasi masyarakat Indonesia. Dengan komunikasi digital, misalnya melalui media sosial, seseorang tidak perlu lagi harus menggunakan layanan voice atau SMS untuk berkirim ucapan atau berbagi cerita selama libur.

“Bahkan, semakin banyak platform media sosial dan pengirim pesan yang kini menyediakan fitur berbicara. Perubahan pola komunikasi seperti ini dengan sendirinya juga mempengaruhi misalnya penurunan penggunaan layanan voice dan SMS,” ungkapnya.

Yessie menambahkan, penggunaan jaringan XL untuk layanan internet pada Hari Natal adalah lebih dari 2.500 TB per hari. Hingga akhir tahun ini, kapasitas jaringan yang disediakan oleh XL sejak awal tahun telah ditingkatkan hingga 3 kali lipat khususnya untuk menampung lonjakan trafik di periode tertentu.

Peningkatan kapasitas menjelang Hari Natal hingga Tahun Baru, terutama dipusatkan pada titik-titik keramaian seperti lokasi-lokasi wisata dan perbelanjaan. Hingga saat ini semua layanan berjalan dengan normal hampir tidak ada kendala yang berarti.

Hingga  tiga hari setelah Hari Natal, jaringan XL tetap lancar untuk akses semua layanan, termasuk internet cepat. Jika dibandingkan trafik Hari Natal tahun sebelumnya, tahun ini sempat terjadi kenaikan trafik untuk akses Data dan internet sebesar 174% saat Hari Natal hingga sehari setelahnya.

Hal ini terjadi karena banyak pelanggan yang berkirim ucapan Natal dan berbagi momen dalam bentuk foto, gambar, dan video. Kenaikan trafik dalam rangka Natal ini juga terjadi antara lain di beberapa area yang memiliki komunitas umat Kristiani cukup besar seperti di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara.

Sejak sepekan lebih memasuki masa liburan akhir tahun ini, kenaikan trafik secara rata-rata belum terlihat terlalu tinggi. Terlihat kenaikan trafik di area-area tertentu, terutama lokasi wisata, baik di Jabodetabek, maupun di beberapa kota tujuan orang berlibur, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

XL memiliki jaringan telekomunikasi dan internet cepat yang ditopang oleh lebih dari 81 ribu BTS, sebanyak lebih dari 7 ribuan di antaranya BTS 4G. Jaringan tulang punggung Fiber Optic milik XL mencapai lebih dari 40 ribu km, yang menghubungkan hampir semua pulau besar di Indonesia. Sebanyak 89 kota telah terlayani oleh 4G LTE, dan lebih dari 350 kabupaten/kota terlayani jaringan 3G dengan frekuensi 900 MHz. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI