Jaringan XL di Sulteng Sudah Kembali Normal

Telset.id, Jakarta – XL Axiata telah merampungkan pemulihan jaringan pasca gempa 7,4 Skala Richter yang melanda Sulawesi Tengah (Sulteng), 28 September 2018. Kini, jaringan XL di Sulteng telah pulih 100% bisa digunakan seperti sedia kala.

Kerja keras siang dan malam sepanjang sekitar 2 pekan setelah gempa melanda telah berhasil memulihkan kembali 100% jaringan di seluruh Sulteng, termasuk Palu dan Donggala.

Saat ini jaringan XL telah kembali seperti sebelum gempa. Dengan pulihnya jaringan XL, kini semua pelanggan di seluruh provinsi ini bisa kembali mengakses semua layanan XL.

“Kami telah berhasil memulihkan sepenuhnya atau 100% jaringan di seluruh Sulawesi Tengah, termasuk Palu, Donggala, juga Sigi yang paling parah terlanda gempa,” kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, dalam keterangan resminya, Sabtu (13/10/2018).

Yessie menerangkan bahwa yang pulih ini seluruh jaringan, baik backbone maupun jaringan pendukung, seperti sebelum gempa. Kini pelanggan di Sulteng bisa mengakses ke semua layanan, termasuk layanan data dengan kualitas semakin baik.

Baca juga: XL Siapkan Opsi Rekayasa Jaringan di Lokasi Bencana

Berarti pula semua BTS yang ada juga telah kembali beroperasi normal. Ini merupakan hasil kerja keras tim terkait yang menangani banyak sekali aspek teknis maupun non teknis yang terkait.

“Semua kami lakukan agar masyarakat bisa kembali memanfaatkan layanan XL guna mendukung aktivitas pasca bencana,” imbuhnya.

Yessie menyebut, proses pemulihan jaringan antara lain meliputi perbaikan kabel fiber optic (FO) di seluruh daerah yang terlanda gempa dan tsunami, pemulihan site-site simpul, memobilisasi cluster jaringan di area-area terdekat dengan lokasi bencana, hingga mengerahkan mobile BTS (MBTS) dari Makassar.

Ada 4 unit MBTS yang kini diperbantukan di Palu. Sementara itu untuk mengatasi pasokan listrik, XL juga melakukan koordinasi dengan PLN setempat, mengerahkan genset ke setiap BTS, juga bahkan memperbaiki genset di BTS-BTS yang sempat rusak karena gempa.

Selain itu, karena genset juga membutuhkan pasokan BBM, maka tim di lapangan juga melakukan langkah-langkah mengamankan pasokan BBM.

Baca juga: XL Kawal Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali

Seperti diketahui, kejadian gempa pada saat itu juga telah menyebabkan sebagian dari jaringan XL di Sulteng terkendala. Selain karena kerusakan fisik terhadap perangkat, juga terutama karena aliran listrik yang padam dan ketersediaan BBM untuk genset yang terhambat.

Seiring dengan terus membaiknya kualitas jaringan di Sulteng, sejak akhir pekan lalu XL Axiata juga telah membuka kembali layanan pelanggan, termasuk layanan penjualan. XL Center Palu telah kembali buka sejak awal pekan ini.

Saat ini jaringan XL di Sulteng ditopang oleh total lebih dari 400 BTS, termasuk lebih dari 200 BTS 3G, dan sekitar 80 BTS 4G. Jumlah pelanggan ada total 342 ribu pelanggan, 15% di antaranya adalah pengguna layanan data. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here