telset

Sempat Gangguan, Jaringan Telkomsel dan IndiHome Kembali Normal

Telset.id, Jakarta – Setelah sempat mengalami gangguan pada Minggu (19/9/2021), kini jaringan Telkomsel dan Telkom IndiHome telah kembali normal. Kedua perusahaan ini juga meminta maaf kepada pelanggan atas kejadian tersebut.

Melalui rilis resmi yang diterima pada Selasa (21/9/2021), Denny Abidin selaku VP Corporate Communication Telkomsel, menjelaskan bahwa penyebab gangguan berasal dari sistem kabel laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam.

“Sistem kabel laut tersebut mengalami gangguan, sehingga berdampak pada penurunan  layanan internet  di sejumlah titik di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua pada Minggu 19 September 2021,” ujar Denny.

Kemudian Telkomsel bersama Telkom Group langsung melakukan perbaikan. Perbaikan dilakukan di wilayah terdampak agar layanan internet bisa kembali kencang. Perbaikan pun berhasil dilakukan dan secara bertahap layanan kembali normal.

“Saat ini sejumlah akses di titik wilayah yang terdampak mulai berangsur normal. Kami akan terus memastikan akselerasi proses pemulihan secara menyeluruh, sehingga akses layanan Telkomsel dapat dinikmati dengan normal seperti biasa,” tutur Denny.

{Baca juga: Daftar Paket Internet Telkomsel Terbaru September 2021}

Mewakili perusahaan, ia juga berterima kasih kepada pelanggan setia sekaligus meminta maaf atas gangguan internet yang terjadi pada hari Minggu kemarin.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan sebagai dampak gangguan yang terjadi. Proses pemulihan layanan akan terus kami informasikan secara berkala,” sambung Denny.

Pernyataan yang sama juga dikatakan oleh VP Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono. Gangguan pada sistem kabel laut Jasuka merupakan penyebab mengapa layanan internet IndiHome Down.

{Baca juga: Cara Mengecek Batas FUP Internet IndiHome, Tips Lengkap}

“Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut,” ungkap Pujo.

Namun, saat ini masalah tersebut telah diperbaiki sehingga layanan IndiHome sudah normal kembali.

“Layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga senin pagi 20 September 2021. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup,” jelas Pujo.

Jaringan Telkomsel dan Telkom IndiHome Gangguan

Telkomsel Telkom IndiHome Gangguan
Telkom IndiHome

Sebelumnya pada Minggu sore (19/9/2021), jaringan internet Telkomsel dan Telkom IndiHome mengalami gangguan. Hal ini terlihat dari banyaknya para pelanggan kedua layanan tersebut yang ramai berkomentar di media sosial, terkhusus Twitter sampai menjadi trending topic.

{Baca juga: 5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference}

Telkomsel dan Telkom tidak tinggal diam. Kedua perusahaan segera melakukan perbaikan sehingga saat ini kedua layanan internet tersebut sudah bisa diakses secara normal. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0