Keren! Jaringan 5G Samsung Mampu Gerakan Robot Otonom

Telset.id, Jakarta – Samsung tidak hanya fokus mengembangkan smartphone atau gadget saja. Vendor asal Korea Selatan ini turut menciptakan jaringan 5G yang mampu menggerakan beberapa robot otonom di suatu area.

Dilansir Telset.id dari GSM Arena pada Jumat (3/6/2022), selama ini jaringan 5G dikenal untuk membantu pengoperasian teknologi Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR).

Namun Samsung baru-baru ini melakukan inovasi terkait penggunaan jaringan 5G, yaitu menggunakannya untuk pengoperasian robot otonom.

Baca juga: Gahar! Samsung Pamer Kamera 200MP, Begini Hasilnya!

Baru-baru ini perusahaan menggelar jaringan 5G komersial untuk Naver, sebuah perusahaan teknologi terkenal di Korea Selatan. Layanan 5G ini sengaja digelar agar memungkinkan puluhan robot otonom berkeliaran di Naver’s HQ di Seoul, Korea Selatan.

Semua robot terhubung ke server cloud, yang bertindak sebagai otak bersama untuk kemudian mengeluarkan banyak perhitungan yang diperlukan dari masing-masing robot.

“Jaringan 5G Samsung akan menjadi jaringan saraf yang menghubungkan robot ke cloud mereka, memungkinkan dukungan untuk puluhan ribu robot secara real time,” tulis Samsung dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut Samsung juga membangun pemetaan tiga dimensi (3D) dan Artificial Intelligence (AI), untuk membantu robot belajar dan bernavigasi di sekitar gedung dengan lebih cepat.

Hasilnya robot otonom berbasis cloud ini akan berjalan-jalan di area gedung untuk membantu karyawan dalam mengirimkan paket, kopi, dan kotak makan siang.

Jaringan 5G Samsung Robot Otonom

Di tahap awal akan ada 40 robot yang bergerak melintasi 3 lantai di area gedung berjuluk “1784” itu. Rencananya pada akhir tahun jumlah robot akan ditambah agar dapat melayani karyawan di 36 lantai gedung tersebut.

Baca juga: Jaringan 5G Indosat Siap Ngebut di Jakarta Formula E 2022

Sekedar informasi, jaringan 5G Samsung memakai teknologi radio Samsung Compact Core serta menggunakan spektrum 4,7GHz dan 28GHz. Spektrum yang didedikasikan untuk jaringan pribadi oleh otoritas Korea.

Radio 5G pribadi menyertakan fitur alokasi uplink yang dioptimalkan, yang menggandakan kemampuan radio 5G komersial lainnya.

VP Penjualan Global dan Pemasaran Bisnis Jaringan di Samsung Electronics, Yong Chang, mengatakan perusahaan akan terus bekerja sama dengan lembaga publik untuk menerapkan layanan yang sama di sistem transportasi, rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0