Ini Rapor Trafik Indosat Selama Lebaran

Telset.id, Jakarta – Sama seperti operator lainnya, trafik layanan Indosat Ooredoo juga mengalami kenaikan saat Lebaran. Pada Lebaran tahun ini, pelanggan Indosat lebih banyak memanfaatkan layanan Data, ketimbang layanan suara dan SMS.

Trafik telekomunikasi hari-H dibanding dengan trafik reguler hari biasa, Indosat mencatat trafik voice nasional pada hari H mengalami peningkatan menjadi 355.62 juta menit, atau naik 14.04% dibandingkan dengan trafik voice reguler hari biasa.

Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di area wilayah kota Northern Sumatera (40.18%), Southern Sumatera (39.76%) dan West Java (31.15%). Sedangkan trafik SMS di hari H menurun menjadi sekitar 555.48 juta SMS, atau turun 4.65% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa.

“Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 94.16% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat,” terang Head of Corporate Communications Group of Indosat Ooredoo, Deva Rachman dalam keterangannya kepada Telset.id, Jumat (8/7/2016).

Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 90.43% walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator. Namun dari situ juga terjadi penurunan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Sulampapua (-58.00%), Bali Nusra (-38.49%), dan West Java (-22.54%).

Sementara itu trafik data di hari-H meningkat menjadi sekitar 1317.00 Terabyte/hari, atau naik 114.51% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Sedangkan untuk trafik telekomunikasi hari-H 2016 dibandingkan dengan hari-H 2015, tercatat apabila diperbandingkan dengan kondisi hari H Lebaran tahun 2015, maka trafik voice hari H tahun 2016 mengalami peningkatan 9.67%.

Trafik SMS hari H tahun 2016 turun 37.24% dibandingkan trafik SMS pada H tahun 2015. Dan trafik komunikasi data meningkat 121.88% dibanding trafik tahun lalu.

Kemudian sebelum menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadan dan Mudik Lebaran 2016, kapasitas jaringan Indosat Ooredoo juga diklaim telah ditingkatkan.

Antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, sementara untuk data,

Indosat juga meningkatkan kapasitas data menjadi 6.389 TeraByte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 69,8 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 52.326 secara nasional.

Sementara untuk menjaga performansi jaringan telekomunikasi dan B2B Enterprise selama terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi, Indosat mengoperasikan sistem monitoring jaringan modern yang dikenal sebagai i-NOC (Indosat Network Operation Center) serta dilengkapi dengan ruang Command Center.

i-NOC berfungsi untuk melakukan pemantauan stabilitas dan kualitas seluruh jaringan Indosat secara terintegrasi, secara nasional memantau bila terjadi gangguan jaringan dan sinyal di wilayah seluruh Indonesia. Baru kemudian, untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat. (HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI