Ini Perbandingan Tarif Internet Operator di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Setiap operator jaringan seluler di Indonesia pastinya memiliki metode tersendiri untuk menarik minat pelanggan. Mulai dari kekuatan jarigan, kecepatan internet, hingga tarif menjadi pilihan masing-masing operator. Karena begitu beragamnya skema tarif Internet yang ditawarkan operator, terkadang pelanggan justru bingung soal tarif Internet operator di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, terdapat lima operator yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia, yakni XL Axiata, Telkomsel, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Tri. Kelima operator ini tentunya memiliki tarif masing-masing yang bisa dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, tim Telset.id akan mencoba menilik perbedaan harga paket yang ditawarkan oleh setiap operator. Agar adil, metode yang kami lakukan adalah mengambil setiap paket dari situs resmi masing-masing operator.

Nah penasaran bukan seberapa mahal paket internet yang ditawarkan oleh para operator? Jika penasara, silahkan simak laporannya berikut ini!

XL Axiata

telset.id

XL menawarkan paket internet yang bisa dibilang cukup beragam. Dalam paket XTRA Combo, mereka menawarkan lima paket internet yang pastinya bisa menjadi pilihan setiap pengguna internet.

Paket yang paling murah ditawarkan oleh XL adalah mulai dari Rp 59 ribu per bulan hingga Rp 239 ribu per bulan. Mereka menawarkan total kuota mulai dari 8GB hingga 42GB per bulan.

Tentunya, kuota ini terbagi dua pengkelompokan, yakni yang khusus jaringan 4G saja dan di jaringan 4G/3G/2G. Selain itu, mereka juga memberikan bonus kuota hingga 14 GB kepada pelanggannya.

Tak sampai disitu saja, mereka juga memberikan gratisan berupa telepon ke sesama operator dalam jangka waktu tertentu untuk dipakai selama satu bulan.

Baca Juga: Paket Internet XL

Telkomsel

telset.id

Paket internet Telkomsel sendiri, mereka memberikan nama dengan nama Flash. Mereka memberikan lima pilihan paket untuk para penggunanya, dimulai dari kuota terkecil sebanyak 6 GB hingga 40 GB per bulannya.

Untuk masalah tarif, Telkomsel menawarkan harga mulai dari Rp 75 ribu per bulan hingga Rp 500 ribu per bulannya.

Untuk masalah kuota sendiri, mereka membagi kuota tersebut menjadi dua baigan, yakni kuota Flash normal (di jaringan 2G/3G) dan kuota Flash 4G.

Baca Juga: Paket Internet Telkomsel

Indosat Ooredoo

telset.id

Beralih ke Indosat, mereka menawarkan lima paket utama mereka. Untuk skema kuota sendiri, seperti kedua operator sebelumnya, mereka membagi dua kategori, yakni kuota internet standar ditambah kuota internet di jaringan 4G.

Untuk harga sendiri, mereka menawarkan harga dimulai dari Rp 45 ribu hingga Rp160 ribu per bulannya. Untuk besaran kuota, mereka menawarkan mulai dari 2 GB hingga 16 GB per bulannya.

Sebagai bonus, mereka menawarkan tambahan gratis menonton di layanan streaming iflix dengan syarat dan ketentuan tersendiri. Selain itu, mereka juga menawarkan layanan data rollover lho!

Baca Juga: Paket Internet Indosat

Smartfren

telset.id

Seperti mengikuti tren, Smartfren juga memiliki lima paket internet andalan yang diberikan kepada para pelanggannya. Bedanya, seluruh kuota yang diberikan merupakan kuota fixed di jaringan 4G mereka.

Smartfren memberikan paket mulai dari Rp 50 ribu per bulan dengan kuota sebear 1,75 GB hingga Rp 150 ribu untuk kuota sebesar 9 GB. Bahkan mereka memiliki sebuah paket yang bernama kuota super besar, dengan harga Rp 300 ribu untuk 30 GB untuk masa pemakaian 30 hari.

Dengan kuota besar ini, tentunya para pengguna dapat merasakan layanan internet tanpa perlu khawatir kuota yang mereka pakai akan cepat habis.

Baca Juga: Paket Internet Smartfren

Tri

telset.id

Terakhir ada operator Tri Indonesia. Berbeda dengan keempat operator yang ada, Tri hanya menyediakan dua paket saja untuk jaringan 4G mereka. Kedua pilihan tersebut adalah Paket Nonstop 4G 5 GB seharga Rp 80 ribu dan 8 GB seharga Rp 125 ribu per bulannya.

Baca Juga: Paket Internet Tri

Untuk bonus sendiri, pihak Tri terbilang paling baik. Mereka memberikan para pengguna layanan bonus kuota internet sebesar 30 GB. Tidak sampai disitu saja, mereka juga memberikan bonus telepon selama 30 menit ke sesama operator. [NC/HBS]

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0