Ini Cara Shopee Atasi Mahalnya “Ongkir” di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Perkembangan e-commerce di Indonesia masih terkendala banyak faktor, salah satunya adalah masalah pengiriman barang. Faktor ini memang sulit dihindari, karena kenyataan kondisi Indonesia yang merupakan sebuah negara kepulauan. Kendala ini membuat “ongkir” atau ongkos kirim menjadi sangat mahal.

Melihat kendala tersebut, Shopee sebagai salah satu pelaku e-commerce di Indonesia memiliki solusi untuk mengatasi masalah pengiriman barang pada layanan mereka.

“Kami menyadari ongkos kirim masih sangat berpengaruh dalam perkembangan e-commerce di Indonesia. Oleh karena itu, kami memberikan subsidi bertajuk gratis ongkos kirim (ongkir),” ujar Head of Operation Shopee Indonesia Handhika Jahja saat ditemui Telset.id di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

{Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Belanja Online di Shopee untuk Pemula}

Secara teknis, subsidi ini tidak selalu menggratiskan ongkir kepada para pelanggannya. Namun Shopee memiliki kebijakan khusus bagi pemberian subsidi ongkir.

“Kami memberikan subsidi ongkir hingga Rp 30 ribu. Jika pelanggan dibebankan ongkir seharga Rp 50 ribu, mereka hanya harus membayar selisihnya saja” jelasnya.

Dia pun mengaku, hal ini tidak dialami oleh Indonesia saja. Namun di beberapa negara lain dimana Shopee hadir, mereka juga memberikan solusi yang sama.

“Di beberapa negara Asia Tenggara dimana e-commerce masih berkembang, kami juga memberikan subsidi sesuai kebijakan masing-masing,” paparnya.

{Baca Juga: Shopee 11.11 Big Charity Galang Bantuan untuk Pendidikan Anak-anak}

Jika berbicara dukungan pengiriman sendir, pihak Shopee mengaku sudah menjalin kemitraan dengan banyak pihak jasa pengiriman. Bahkan mereka juga sudah bekerja sama denga salah satu penyedia jasa angkutan umum online Indonesia.

“Kita sudah bekerja sama dengan JNE, J&T, Pos Indonesia, dan lainnya. Bahkan kami juga sudah menggandeng Go-Jek dalam memberikan subsidi ongkir tersebut,” kata dia.

Untuk jangka waktu pemberian subsidi sendiri, Handhika mengaku belum memiliki jangka waktu yang pasti. Dia mengatakan bahwa selama Shopee masih bisa memberikan bantuan subsidi ini, maka mereka akan memberikan yang terbaik bagi para pengguna platform mereka.[NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI