Inggris Soroti Potensi Masalah Keamanan Huawei

Telset.id, Jakarta Huawei terus mendapat sorotan karena mencoba masuk ke pasar Barat seperti Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Bahkan FBI, CIA dan NSA telah memperingatkan untuk tidak membeli produk ponsel perusahaan asal China itu.

Kecurigaan pada perangkat buatan Huawei telah membuat AT&T membatalkan rencananya untuk membawa handset produksi Huawei masuk ke pasar AS, dan juga Best Buy berhenti memesan produk-produk buatan Huawei.

Menurut Engadget, Jumat (20/7/2018), Dewan Pengawas Huawei Cyber ​​Security Evaluation Center (HCSEC) yang dibentuk pemerintah Inggris, mengatakan bahwa pihaknya terus mengkhawatirkan proses rekayasa perangkat lunak Huawei dan kemungkinan risiko yang dapat memengaruhi jaringan telekomunikasi Inggris.

HCSEC dibentuk pada 2010 sebagai cara bagi pemerintah Inggris untuk tetap mengawasi perusahaan ini saat memasuki infrastruktur telekomunikasi di negara monarki absolut tersebut.

Sedangkan Dewan Pengawas dilantik sekitar empat tahun kemudian, yang terdiri atas eksekutif senior dari Huawei dan perwakilan senior dari berbagai tingkat pemerintahan dan sektor telekomunikasi.

Setelah mengatakan bahwa HCSEC berjalan efektif dalam mengejar misinya, laporan itu menyatakan bahwa organisasi ini telah mengidentifikasi kekurangan dalam proses rekayasa Huawei yang telah memaparkan risiko baru di jaringan telekomunikasi Inggris dan tantangan jangka panjang dalam mitigasi dan manajemen.

Organisasi ini ingin memastikan bahwa Huawei dapat memberikan kode biner yang konsisten untuk produknya. Dengan cara itu, dapat dipastikan bahwa kode tersebut tidak mengandung sesuatu yang berbahaya yang dapat menyerang sistem telekomunikasi Inggris atau membuat sistem rentan terhadap serangan.

Huawei hanya mampu menunjukkan bahwa satu dari empat produk tertentu memiliki perangkat lunak yang dapat direproduksi. Laporan ini mencatat bahwa produk khusus ini belum didistribusikan oleh operator Inggris mana pun.

Tetapi mungkin dilakukan dalam waktu dekat, dengan tiga produk lainnya akan tersedia akhir tahun ini jika mereka dapat menyediakan binari yang dapat direproduksi juga.

Pada akhirnya, dewan pengawas melaporkan kepada Penasihat Keamanan Nasional Inggris bahwa mereka dapat memberikan hanya jaminan terbatas bahwa semua risiko terhadap keamanan nasional Inggris dari keterlibatan Huawei di jaringan kritis Inggris telah cukup dimitigasi. [WS/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here