Indosat Siapkan Mobil Klinik dan Telepon Gratis di Palu

Telset.id, Jakarta – Pasca gempa dan tsunami yang melanda wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, banyak bantuan yang segera dikerahkan di lokasi bencana. Indosat Ooredoo juga telah bergerak melakukan berbagai upaya pemulihan layanan dan jaringan yang terdampak.

Indosat menyatakan upaya pemulihan itu dilakukan supaya bisa memberikan akses komunikasi dalam situasi kritis di daerah terdampak, khususnya di Donggala dan Palu.

Disamping itu, Indosat juga memberi bantuan berupa pengoperasian Mobil Klinik untuk memberi pertolongan pertama untuk korban gempa dan menyediakan layanan komunikasi gratis.

Baca juga: Traffic Data Indosat Ooredoo Catatkan Kenaikan 73% Selama Lebaran

“Indosat Ooredoo turut berduka cita dan prihatin atas musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami di wilayah Palu, Donggala dan sekitarnya. Kami menyediakan Mobil Klinik dan layanan telekomunikasi gratis agar masyarakat yang terdampak,” ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo Joy Wahjudi, dalam keterangan persnya, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Joy berharap kondisi segera berangsur baik dan masyarakat dapat segera menjalankan aktivitas normal kembali. Ia mengungkapkan, saat ini pihaknya masih terus berupaya memulihkan jaringan telekomunikasi yang terputus karena ketiadaan daya listrik dan putusnya jaringan transmisi.

“Tim teknis jaringan langsung terjun ke lapangan untuk mengatasi berbagai kendala agar site dan BTS dapat segera pulih,” terangnya.

Upaya tersebut dinilai tidak mudah, karena masih tidak ada daya listrik dari PLN, terjadi kelangkaan bahan bakar serta beberapa lokasi site BTS rusak karena gempa.

Sedangkan Mobil Klinik untuk bantuan tersebut berasal dari kota Makassar, yang dilengkapi tenaga medis dan petugas kesehatan. Kegiatan bantuan ini rencana akan berlangsung selama 2 minggu di 12 titik Kawasan Palu, Donggala dan sekitarnya.

Bantuan berupa layanan kesehatan umum, pemberian makanan tambahan, pemulihan trauma untuk anak-anak, dan pembagian paket kebutuhan darurat dengan target 3.000 orang korban bencana.

“Indosat juga memberikan telpon dan SMS gratis sampai dengan tanggal 14 Oktober 2018 ke semua operator, tanpa perlu mendaftar paket tertentu, dan bisa langsung dinikmati oleh pelanggan yang berada di wilayah bencana,” imbuh Joy.

Baca juga: Indosat Ooredoo Edukasi Literasi Digital di Ujung Negeri

Selain memberikan bantuan kemanusian Indosat Ooredoo Business akan bertemu dengan pihak instansi atau perusahaan korban bencana untuk menyiapkan tim khusus yang menganalisa & memperbaiki kerusakan-kerusakan dari segi IT atau komunikasi serta menyiapkan telepon satelit guna membantu mereka berkoordinasi.

“Kami berharap berbagai upaya ini akan bermanfaat dan membantu masyarakat yang terdampak bencana agar mereka dapat segera melewati masa-masa sulit tanggap darurat serta masa-masa pemulihan setelah bencana,” tandas Joy. [WS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here