Indonesia Bisa Jadi Pasar Data Center Terbesar di Dunia

Telset.id, Jakarta – Besarnya populasi teknologi dan layanan Internet di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, membuat Indonesia menjelma menjadi salah satu pasar data center yang potensial di dunia.

DatacenterDynamics (DCD), penyedia layanan informasi B2B mengemukakan bahwa Indonesia sebagai salah satu pasar data center masih relatif muda apabila dibandingkan dengan pasar di negara lainnya.

Namun pesatnya perkembangan layanan dan populasi teknologi Internet di Indonesia, membuat Indonesia menjelma menjadi salah satu pasar data center yang potensial di dunia.

Vincent Liew, APAC General Manager untuk DCD Group mengungkapkan, bahwa data center, layanan outsourcing, dan investasi cloud di Indonesia akan mengalami pertumbuhan hingga menyentuh dua digit. Hal ini akan membuat Indonesia menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan terbesar di dunia.

“Kami meramalkan bahwa industri data center di Indonesia akan terus tumbuh pesat hingga menyentuh angka USD 280 juta di 2016 ini,” ujar Vincent Liew, dalam keterangan pers yang diterima Telset.id, Rabu (24/2/2016).

“Sekarang semakin banyak perusahaan yang mempertimbangkan outsourcing dalam rangka mengatasi tantangan, termasuk tantangan capital expenditure (Capex), waktu, keterbatasan tenaga kerja ahli, dan yang terpenting untuk tetap fokus pada inti bisnis mereka,” jelas Vincent.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa tingkat kepercayaan industri terhadap outsourcing kini sedang meningkat. Kondisi tersebut mendorong menjamurnya penyedia data center dan cloud baru, termasuk pengembangan yang dilakukan TelkomSigma dan Multipolar.

Operator global terkemuka seperti NTT Communications kini juga mulai memanfaatkan kesempatan tersebut dengan melakukan sinergi dengan sejumlah mitra lokal.

“Data center merupakan fasilitas yang amat sangat penting, serta memerlukan kualitas dan kehandalan daripada SDM, proses, dan infrastruktur yang berada di belakangnya,” imbuhnya.

Dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki NTT Communication, industri data center di Indonesia bisa lebih carah berkat layanan berstandar global yang berkualitas, fleksibel, dan cost-efficient serta telah teruji di 140 lokasi di seluruh dunia.

DCD dan NTT Indonesia Nexcenter bermitra untuk menggelar forum bagi industri data center, untuk menyediakan sebuah platform networking dan pengetahuan yang telah diakui dunia.

DCD akan kembali menggelar acara ‘The 5th DCD Converged Indonesia Conference and Expo’ di Indonesia. Acara yang akan mendatangkan lebih dari 450 ahli di bidang IT, data center, dan bisnis data center ini akan digelar pada 7 April mendatang di Jakarta.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here