Iklan Cisco Ditarik dari YouTube, Kenapa?

Iklan Cisco

Telset.id, Jakarta – Produsen perlengkapan jaringan internet, Cisco Systems Inc dilaporkan telah menarik seluruh iklannya dari YouTube.

Dalam pernyataan di situs resmi perusahaan, Chief Marketing Officer Cisco, Karen Walker menjelaskan alasan kenapa mereka menarik seluruh iklannya di platform video milik Google tersebut. Menurutnya, mereka khawatir iklannya muncul di konten video bersifat negatif.

Dalam blog, Walker juga mengatakan bahwa mereka tidak ingin iklan Cisco tidak sengaja muncul di tempat yang salah, seperti pada video streaming dengan konten sensitif. Kendati demikian, pihaknya memastikan akan terus menggunakan YouTube sebagai platform untuk berbagi konten video Cisco.

Dilansir dari Channel News Asia, tindakan Cisco merupakan langkah reaktif terhadap laporan CNN pada April lalu. Dalam laporan, terungkap jika iklan dari lebih 300 perusahaan termasuk Cisco, berada di saluran ekstrim YouTube.

Selain itu, ada indikasi bahwa perusahaan-perusahaan yang terkait mungkin secara tidak sengaja membantu membiayai sebagian dari saluran ini melalui iklan yang mereka bayarkan untuk YouTube.

Baca Juga: Cisco Akuisisi Penyedia Database Accompany Senilai Rp 3,7 Triliun

Hingga kini pihak Cisco maupun YouTube tidak memberikan jawaban atau komentar terkait masalah ini. Bahkan, pernyataan tegas Cisco juga dilaporkan telah dihapus dari situs resminya.

Bulan lalu YouTube mengklaim bahwa mereka telah menghapus sekitar 5 juta video dari platformnya. Sebabnya adalah ada pelanggaran kebijakan konten di kuartal keempat tahun lalu, sebelum setiap pemirsa melihat videonya. (WS/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here