Hasil Uji Jaringan Smartfren Jakarta – Yogyakarta

Telset.id, Yogtakarta – Sebagai bagian dari upaya untuk mempelancar kegiatan di Bulan Ramadhan dan Learan 2016 Smartfren melakukan uji jaringan dengan rute Jakarta – Yogyakarta menggunakan kereta api. Drive test jaringan ini melewati jalur utama mudik, seperti Cirebon, Purwokerto, Kebumen, dan Kutoarjo.

Dalam menghitung kecepatan akses, kami memanfaatkan aplikasi nperf  yang diyakini mampu mengukur pengujian cukup baik.

Hasil yang kami lakukan dalam uji jaringan berbeda-beda. Hal tersebut dianggap wajar oleh Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Telecom karena di beberapa titik di wilayah Cirebon sampai Purwokerto boleh dikatakan kurang baik karena letak BTS yang terlalu jauh dari jalur Kereta Api.

Namun dari kota Purwokerto hingga Yogyakarta boleh dikatakan jaringan sangat stabil bahkan rata-rata mendaatkan kecepatan 4-11mbps.

“Kami memang tidak menawarkan kecepatan, namun kestabilan jaringan yang kami tawarkan,” ujar Munir saat presentasi hasil uji Jaringan.

Munir menambahkan, hasil keseluruhan test drive jaringan Jakarta –Yogyakarta sangat memuaskan. Hasilnya 21,7% Jaringan memiliki penerimaan sangat baik. Lalu 69,6% jarngan memiliki kapasitas sangat diterima, karena memiliki kecepatan yang sangat stabil. Sedangkan 8,7% kualitas jaringan tidak terlalu baik karena jarak BTS yang terlalu jauh.

Munir mengungkapkan, untuk saat ini jumlah BTS (Base Transceiver Station) untuk 4G Smartfren di jalur kereta antara Jakarta dan Yogyakarta terdapat 194 BTS.

“Kemungkinan kami akan menambah lagi jumlah BTS di tahun mendatang apabila jumlah pelanggan kami terus bertambah dan fokus kami adalah terus mengembangkan jaringan ini untuk ke depannya,” imbuhnya.

Sebagai penyedia jasa layanan telekomunikasi dan internet mobile broadband, Smartfren menawarkan kecepatan data tinggi untuk akses mobile data, cakupan terluas dan stabil melalui layanan 4G LTE Advanced yang memanfatkan teknologi LTE Radio, Time Division Duplex (TDD) di pita frekuensi 2300 MHz dan Frequency Division Duplex (FDD) pada pita 850 MHz, untuk kecepatan yang tinggi dan cakupan yang lebih luas.

Sekadar informasi hingga akhir April 2016 ini jaringan 4G LTE Smartfren sudah tersedia di 188 kota. (MS)

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0