Google Selesaikan Proses Akusisi Divisi Desain HTC

Telset.id, Jakarta – Google pada akhirnya menyelesaikan proses akuisisi sebagian besar divisi desain HTC senilai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 14,6 triliun. Pengumuman ini disampaikan secara langsung oleh  VP divisi hardware Google, Rick Osterloh dalam blog resmi Google.

“Kami menyambut tim yang sangat berbakat untuk mengerjakan produk yang lebih baik dan inovatif di tahun-tahun mendatang,” tulis Rick seperti dikutip dari laman The Verge.

[Baca juga: Serahkan Mahar Rp 14,6 Triliun, HTC Resmi Milik Google]

Kesepakatan ini melibatkan lebih dari dua ribu insinyur HTC yang nantinya akan bekerja di bawah nama Google. Seluruhya akan dipindahkan ke sebuah lokasi di Taipei, Taiwan, dimana terdapat pusat rekayasa terbesar Google di Asia Pasifik.

Akan tetapi, divisi VR dan operasi manufaktur dari HTC tidak akan dibawa oleh Google. Menurut sebuah sumber terpercaya, hanya sebagian besar tim R&D smartphone HTC saja yang akan bergabung dengan Google.

Seperti diketahui, apa yang dilakukan oleh Google ini adalah salah satu upaya mereka untuk mengembangkan smartphone milik mereka sendiri, yakni jajaran smartphone Pixel. Pasalnya, menurut pihak Google sendiri, mereka masih merupakan ‘ikan kecil’ di pasar smartphone.

“Tahu mengapa kita melakukan ini? Sejujurnya, Apple berjualan dengan sangat baik di pasar negara maju,” ujar Osterloh.

[Baca juga: Dicaplok Google, Akankah Nasib HTC Seperti Motorola?]

Dia juga menambahkan, lini smartphone Pixel belum bisa dibilang sebagai smartphone mainstream. Untuk itulah, Google dan HTC akan memberikan dukungan yang lebih baik dalam pengembangan lini Pixel.

“Kami tidak ingin (Pixel) menjadi sesuatu yang istimewa. Kami berharap bisa menjual produk dalam volume tinggi dalam lima tahun,” pungkasnya. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here