Google dan Samsung Rebutan Bisnis Nokia

Telset.id, Jakarta – Pada 2016 lalu, Nokia membeli perusahaan kesehatan digital asal Prancis bernama Withing. Dua tahun berselang, Nokia berniat menjual lagi perusahaan yang telah berganti nama menjadi Nokia Health itu.

Sebagai informasi, Withings adalah perusahaan Prancis yang terkenal menciptakan perangkat yang berhubungan dengan kesehatan, semisal sistem tidur pintar, pelacak aktivitas, dan monitor tekanan darah. Pembeliannya sebesar 189 juta dolar AS.

Surat kabar Prancis LeMonde, seperti dilansir Phone Arena, melaporkan bahwa sekarang banyak perusahaan yang sedang bersaing untuk mendapatkan Nokia Health. Dua di antaranya adalah Google dan Samsung.

Meski Samsung dan Google bersaing ketat, LeMonde meyakini perusahaan Prancis justru akan berada di posisi terdepan dalam mendapatkan aplikasi kesehatan digital. Alasannya, Prancis sedang getol mengembangkan teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence.

Tahun lalu, dalam laporan keuangan kuartal, Nokia mengumumkan aset Withings sekitar 172 juta dolar AS. Dengan demikian, harga jual Nokia Health diperkirakan akan lebih rendah dari apa yang dibayarkan Nokia pada dua tahun lalu.

Didirikan pada 2014, Nokia Health yang beada di bawah naungan Nokia Technology berfokus kepada kesehatan digital, media digital, merek, dan lisensi paten. Mereka bertanggung jawab mengembangkan dan memproduksi Nokia N1 tablet dan profesional Virtual Reality kamera OZO.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Nokia 8 Layak Dibeli

Nokia Technology lebih mengembangkan dan merancang produk Withings yang sudah ada, termasuk pelacak aktivitas, timbangan analisa tubuh, termometer, monitor tekanan darah, monitor rumah dan bayi bagi gaya hidup sehat. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here