Demi Akuisisi Fox, Disney Tawarkan Konsesi ke Uni Eropa

Telset.id, Jakarta – Ambisi Disney untuk menjadi raja bisnis hiburan dengan mencaplok saingan terberatnya Fox rupanya mendapat ganjalan di sana-sini, salah satunya dari Uni Eropa. Komisi anti monopoli Uni Eropa rupanya khawatir strategi ini membuat Disney bakal monopoli tayangan hiburan, yang buntutnya akan merugikan konsumen.

Supaya bisa mendapat izin Uni Eropa, Disney akhirnya mengalah dengan menawarkan konsesi untuk aset hiburan milik Twenty-First Century Fox Inc.

Tak tanggung-tanggung, Disney menyodorkan tawaran sebesar US$ 71,3 miliar atau mencapai Rp 1000 triliunan untuk konsesi. Hal ini disampaikan Komisi Eropa.

Baca juga: Uni Eropa akan Denda Organisasi Politik yang Curi Data Pribadi

Menurut situs web komis anti-trust Uni Eropa, Disney telah menyerahkan proposal konsesi tersebut Jumat lalu. Tetapi raksasa hiburan asal Amerika Serikat (AS) ini tidak mengungkapkan rincian konsesi tersebut.

Seperti dilansir ChannelNewsAsia, Senin (15/10/2018), komisi anti-trust Uni Eropa telah memperpanjang tenggat waktu untuk meninjau kembali rencana akuisisi tersebut hingga 11 November dari sebelumnya pada 19 Oktober.

Dengan adanya penawaran konsesi, maka Komisi Eropa diperkirakan akan mencari umpan balik dari para pelanggan dan pesaing sebelum memutuskan apakah akan menerima atau bahkan menuntut lebih banyak.

Juni lalu Disney sudah mendapatkan persetujuan dari Departemen Kehakiman AS untuk rencanan mega transaksi itu dengan syarat setuju untuk menjual 22 jaringan olahraga regional Fox.

Walaupun ada berbagai sandungan, namun transaksi itu akan memperluas portofolio Disney dari beberapa karakter paling populer di dunia, seperti menyatukan karakter Mickey Mouse, Luke Skywalker dan Marvel superheroes miliknya dengan  X-Men, Avatar dan waralaba The Simpsons.

Baca Juga : Uni Eropa Desak Apple, Samsung, dkk Bikin Charger Universal

Tak hanya itu, Disney juga memiliki stasiun televisi ABC, ESPN, Pixar, Marvel Studios, Star Wars, Lucasfilm dan ditambah berbagai taman hiburan. Aset Fox yang diakuisisi termasuk grup kabel dengan Jaringan FX, National Geographic, lebih dari 300 saluran internasional dan saham Fox di Hulu. [WS/HBS]

Sumber: ChannelNewsAsia

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0