Dampak Kesepakatan AS dan ZTE, Saham Qualcomm Naik 5 Persen

Telset.id, Jakarta – Saham Qualcomm langsung melonjak sebanyak lima persen pada perdagangan Kamis (7/6), setelah muncul berita tentang kesepakatan antara pejabat Amerika Serikat (AS) dengan raksasa telekomunikasi asal China, ZTE.

Pembuat chip terkemuka tersebut selama berminggu-minggu berada di persimpangan akibat ketegangan perdagangan antara AS dan China. Presiden Donald Trump telah melarang perusahaan asal AS menjual komponen ke ZTE. Padahal, Qualcomm adalah pemasok utama chip untuk ponsel ZTE.

“Kesepakatan AS dan China soal ZTE yang diumumkan pada Kamis mengakhiri sanksi dan membuat Qualcomm terdampak positif. ZTE sepakat menyetor denda USD 1,7 miliar atau Rp 18,5 triliun ke pemerintah AS,” kata analis GBH Insights, Dan Ives, dilansir CNBC.

Kamis kemarin, ZTE dilaporkan telah menandatangani kesepakatan dengan pemerintah AS terkait pencabutan embargo bisnis. Sumber menyebut, di dalam perjanjian itu terdapat kewajiban bagi ZTE untuk bayar denda ke AS senilai 18,5 triliun dengan berbagai rincian sanksi.

Selain membayar denda, ZTE juga dilaporkan bersedia untuk mengganti jajaran eksekutifnya dalam kurun waktu 30 hari. Lewat perjanjian itu juga, pihak AS dimungkinkan untuk memantau ZTE agar beroperasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bahkan, dilaporkan bahwa pihak ZTE juga telah setuju untuk mengizinkan perwakilan AS melakukan kunjungan lapangan tanpa koordinasi dengan pemerintah China. Namun sayangnya, sampai sekarang ZTE masih enggan mengeluarkan komentarnya terkait laporan ini.

Seperti diketahui, bisnis ZTE sempat mandek setelah mendapatkan larangan menerima komponen dari perusahaan AS pada April 2018 lalu. Perusahaan asal China ini dilarang untuk membeli berbagai komponen teknologi asal AS selama tujuh tahun.

Sanksi tersebut diberikan karena ZTE dianggap telah melanggar kesepakatan usai tertangkap basah mengirim barang secara ilegal ke Iran dan Korea Utara. Permasalahan makin pelik setelah pada akhir Mei 2018 lalu, Presiden AS, Donald Trump menyatakan akan menjatuhkan sanksi berupa denda kepada ZTE. [SN/IF]

Source Link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here