Cisco Akuisisi Penyedia Database Accompany Senilai Rp 3,7 Triliun

Telset.id, Jakarta – Tampaknya tahun ini banyak terjadi akuisisi korporasi di bidang teknologi dan informatika di AS. Belum seminggu Google mengakuisisi penyedia animasi GIF untuk android, iOS, kini ada kabar akuisisi lagi dari negeri Paman Sam itu.

Kali ini Cisco System Inc mengakuisisi perusahaan perusahaan penyedia data Accompany. Dalam transaksi korporasi tersebut, raksasa telekomunikasi asal California ini menegaskan akan membayar Accompany US$ 270 juta atau sekitar Rp 3,7 triliun dalam bentuk tunai dan saham.

Sebelum dilakukan akuisisi, pendiri dan CEO Cisco Amy Chang telah memperkenalkan produk perusahaan tersebut kepada kepala staf digital atau asisten pribadi. Ini memberi masukan untuk para eksekutif konteks yang mereka butuhkan sebelum dilakukan pembicaraan dan rapat.

Cisco berencana memasukkan teknologi Accompany ke dalam produk kolaborasi, misalnya dengan memperkenalkan profil perusahaan dan individu ke dalam rapat Webex.

Chang yang sebelumnya menjabat sebagai kepala produk untuk pengukuran dan pelaporan iklan Google, telah berada di dewan direksi Cisco sejak Oktober 2016. Ini yang menyebabkan perusahaan mungkin tidak perlu mencari terlalu keras untuk menemukan Accompany.

Namun Chang nampaknya akan segera mengakhiri jabatannya di Cisco. Sebagai bagian dari transaksi, dia harus segera lengser dari dewan direksi. Kenapa?

Karena Chang akan mengambil alih Grup Kolaborasi Teknologi perusahaan asal AS itu. Sedangkan Rowan Trollope, yang saat ini memimpin grup kolaborasi tersebut, akan didapuk menjadi CEO di perusahaan software cloud Five9.

“Amy telah terbukti sebagai pemimpin yang efektif dan inovatif selama bertahun-tahun sebagai pengusaha, insinyur dan CEO. Saya sangat senang memilikinya dan tim Accompany bergabung dengan Cisco,” ujar ketua dan CEO Cisco Chuck Robbins dalam pengumuman resminya, seperti dilansir techcrunch.com, Rabu (2/5/2018).

Berita Terkait: Resmi! Google Akuisisi Penyedia GIF Tenor

“Bersama-sama, kami memiliki peluang luar biasa untuk lebih meningkatkan kemampuan AI dan pembelajaran mesin dalam portofolio kolaborasi ini dan terus menciptakan pengalaman kolaborasi yang luar biasa bagi pelanggan.” jelas Robbins.

Menurut Crunchbase, Accompany telah mengumpulkan pendanaan sekitar US$ 40 juta atau sekitar Rp 558 miliar dari investor termasuk CRV, Cowboy Ventures, Iconiq Capital and Ignition Partners. Cisco juga hari ini mengumumkan bahwa mereka menjual beberapa aset video NDS-nya. [WS/HBS]

Sumber: Techcrunch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here