Bos Huawei Bantah Perusahaan akan Rilis HP 5G Terbaru

Telset.id, Jakarta – Saat ini ada banyak laporan bahwa Huawei sedang berupaya akan rilis HP 5G terbaru, namun perusahaan membantah rumor mengenai peluncuran tersebut.

Awalnya, rumor ini datang dari artikel di Tencent Deep Web yang mengisyaratkan bahwa selama konferensi video dengan para pengecer pada bulan Juni, perusahaan akan mengumumkan rilis HP 5G Huawei.

Namun, He Gang Chief Operating Officer Consumer Business Group Huawei membantah rumor tersebut dengan jelas dia menyatakan bahwa informasi tersebut salah, berdasarkan laporan dari Gizmochina.

BACA JUGA:

Bagi yang belum tahu, Huawei saat ini tidak dapat menggunakan teknologi 5G di ponsel buatannya, karena sanksi dari Amerika. Hal tersebut membuat perusahaan hanya bisa menggunakan chip Qualcomm versi 4G di ponsel buatannya.

Terlepas dari bantahan tersebut, rumor mengenai kembalinya Huawei ke pasar HP 5G tetap ada, dan ini juga dipicu oleh klaim dari orang dalam dan beberapa bocoran dari pengecer. Meskipun He Gang menepis rumor tersebut, dia juga tidak menyangkal kemungkinan rilis smartphone 5G di waktu yang akan datang.

Beberapa waktu lalu, seri Huawei Mate 60 dan HP lipat terbaru Mate X3 diharapkan mendukung sinyal 5G, tetapi informasi terbaru ini menunjukan perubahan pada rencana ini. HP 5G pertama Huawei kemungkinan adalah Nova 12, karena garis waktu pengembangannya sejalan dengan terobosan konektivitas 5G milik Huawei.

Di sisi lain, Richard Yu CEO Huawei juga membahas spekulasi mengenai Qualcomm yang akan melanjutkan pasokan chip 5G ke perusahaan di akhir tahun ini. Yu mengklarifikasi bahwa Huawei bisa memperoleh chip 5G yang di produksi oleh Semiconductor Manufacturing Internation Corporation (SMIC).

Tetapi ada kemungkinan keterbatasan dalam kemampuan produksi karena rendahnya hasil chip yang dapat digunakan, yang kurang dari 50% dan berpotensi menyebabkan ketersedian HP 5G Huawei menjadi terbatas. Akibatnya, bisa membuat HP flagship seperti P60 diundur hingga 2024.

BACA JUGA:

Di tengah berbagai rumor ini, ada klaim lain yang menunjukan bahwa Huawei akan meluncurkan perangkat smart home baru dan smart car di waktu yang sama dengan peluncuran smartphone terbarunya.

Lebih lanjut, Huawei akan tetap berupaya untuk meluncurkan HP 5G terbarunya karena perusahaan melihat pertumbuhan penjualan smartphone secara signifikan, dengan lonjakan hingga 58% yang dilaporkan pada Q2 2023.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI