Bos Huawei ‘Bangga’ Produknya Laris di Black Market

Telset.id, Jakarta – Pada awal April lalu, Huawei resmi meluncurkan duet smartphone flagship anyarnya, Huawei P9 dan P9 Plus yang mengandalkan fitur dual camera hasil kerjasama dengan Leica. Menariknya, smartphone yang sejatinya belum resmi masuk Indonesia itu nyatanya sudah banyak beredar di situs jual beli online.

Huawei hingga saat ini belum resmi memasarkan smartphone terbarunya Huawei P9 di Indonesia. Meski begitu, para konsumen yang ingin mendapatkan smartphone tersebut bisa membelinya lewat beberapa situs jual beli online.

Dari pantauan tim Telset.id, Huawei P9 yang sudah beredar di sejumlah situs jual beli online dipatok pada kisaran harga Rp 7 jutaan hingga Rp 9,5 juta.

Bahkan salah satu e-commerce besar asal Tiongkok yang selama ini diketahui getol menawarkan barang “black market” juga memajang Huawei P9 di daftar lapak jualannya.

Ada dua model Huawei P9 yang ditawarkan, pertama yang memiliki RAM 3GB dan storage internal 32GB ditawarkan seharga Rp 7.750.000 dan Huawei P9 RAM 4GB dengan ROM 64GB yang dibanderol sebesar Rp 8.750.000.

Menariknya, saat diminta tanggapannya soal hal ini beberapa waktu lalu, Huawei selaku vendor dari produk tersebut nampak santai dan justru terlihat bangga produknya “banyak peminatnya” di Indonesia.

“P9 sendiri harga resminya sudah muncul di website Huawei Tiongkok. Sementara di Indonesia, hingga saat ini belum diluncurkan secara resmi. Adanya black market itu menandai brand Huawei cukup kuat dan diminati pasar Indonesia,” ujar Henry Hsu, COO of South Pacific Region Huawei Consumer Business Group.

Ia mengaku sangat concern dengan masalah ini (produk black market), namun ia tidak akan melakukan tindakan apa pun. Dia berdalih, perusahaan hanya meluncurkan produk yang sesuai dengan peraturan pemerintah.

Dari penuruturan Henry, dua smartphone terbaru Huawei ini kemungkinan baru masuk secara resmi di Indonesia antara bulan Juni atau Juli untuk P9 Lite, sementara P9 akan masuk sekitar Agustus 2016.

Sementara itu, terkait penjualan via toko online, sumber Telset.id di toko online tersebut mengatakan bahwa konsumen yang membeli Huawei P9 akan mendapatkan garansi disitributor, yakni dari Best Combo.

Tidak jelas apakah yang dimaksud Best Combo adalah online shop yang ada di India atau bukan. Yang pasti bukan garansi dari vendor atau distributor resmi Huawei di Indonesia. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0