telset

Balas Dendam, Giliran Facebook Gugat BlackBerry

Telset.id, Jakarta – Sengketa antara Facebook dan BlackBerry belum juga mereda. Facebook kini membalas BlackBerry dengan tuntutan hukum. Lewat gugatannya, BlackBerry dituding telah mencuri teknologi perpesanan bikinan Facebook.

Raksasa media sosial ini telah mengajukan gugatan di pengadilan federal San Francisco, Amerika Serikat. Facebook menuduh BlackBerry telah melanggar beberapa paten terkait pesan suara, pelacakan dan analisis data GPS, serta cara kerja mendapatkan grafik dari perangkat seluler.

Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (07/09/2018), Facebook meminta ganti rugi yang tidak ditentukan untuk pelanggaran enam paten BlackBerry. Gugatan ini sendiri merupakan reaksi Facebook atas kasus sebelumnya yang diajukan oleh BlackBerry.

Baca Juga: Dituding Langgar Paten, Facebook: BlackBerry Butuh Duit

Sekadar informasi, bulan lalu BlackBerry menggugat Facebook. BlackBerry menuduh Facebook menggunakan sejumlah keamanan inovatif, antarmuka pengguna, dan fitur peningkatan fungsionalitas dari aplikasi miliknya.

Sejauh ini, belum ada kabar apakah Facebook dan BlackBerry akan menyelesaikan persoalan tersebut secara kekeluargaan. Sebab, hingga kini pihak Facebook maupun BlackBerry belum bisa dimintai konfirmasi.

Baca Juga: Ini 5 Paten BlackBerry yang “Dicuri” Facebook

Silang sengkarut soal paten teknologi memang kerap menimpa perusahaan besar, termasuk Apple dan Samsung. Mei 2018 lalu, Samsung bahkan harus membayar denda USD 539 juta atau sekitar Rp 7,6 triliun kepada Apple.

Hal tersebut diputuskan langsung oleh hakim di pengadilan federal di San Jose, California, setelah Samsung terbukti telah melanggar hak paten desain Apple dan paten utilitas yang meliputi desain sudut membulat, tepi bagian depan iPhone, dan lainnya. (SN/FHP)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0