Apple Perusahaan Paling Dikagumi dan Berharga Sejagat

Telset.id, Jakarta – Untuk tahun kesepuluh secara berturut-turut, Apple kembali dinobatkan sebagai perusahaan paling dikagumi di dunia. Raksasa dari Cupertino ini mengungguli nama-nama besar lainnya, seperti Amazon, Starbucks, Berkshire Hathaway, dan Disney. Yang menarik, tidak ada nama Samsung dalam daftar, kemana?

Nyaris tak ada orang yang dapat membantah akan nama besar Apple. Perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs ini bahkan kembali dinobatkan sebagai perusahaan paling dikagumi di dunia tahun 2016. Hebatnya, gelar yang diberikan oleh Fortune ini sudah direngkuh Apple selama 10 tahun berturut-turut.

Tak main-main, Apple berhasil mengungguli perusahaan-perusahaan raksasa lainnya yang juga memiliki nama besar, seperti Amazon, Starbucks, Berkshire Hathaway, dan Disney, yang masuk dalam posisi lima besar teratas. Status “perusahaan paling dikagumi” ini diberikan berdasarkan pada pendapat dari 3.800 eksekutif, direktur, analis, dan para ahli.

[Baca juga: 3 Fitur Utama Ini Bakal Jadi Andalan Apple di iPhone 8?]

Selain menjadi perusahaan yang paling dikagumi di planet ini, Apple juga merupakan perusahaan yang paling berharga dengan kapitalisasi pasar (harga saham dikalikan dengan saham yang beredar) mencapai USD 700 miliar.

Untuk masuk dalam daftar yang dirilis Fortune ini, syaratnya adalah perusahaan tersebut harus masuk 1.000 perusahaan terbaik di AS dalam hal pendapatan. Perusahaan tersebut juga harus masuk 500 perusahaan internasional dengan pendapatan lebih dari USD 10 milyar.

Tak cuma dinilai dari sisi pendapatan, ada beberapa faktor lain yang menjadi pertimbangan, seperti inovasi, kualitas dan tanggung jawab sosial (CSR). Total ada 680 perusahaan di 28 negara yang masuk daftar yang dirilis Fortune setiap tahunnya.

Selain Apple, tahun ini perusahaan teknologi lainnya yang masuk 10 besar adalah Facebook dan Microsoft. Sementara nama Google tidak ada dalam daftar karena berganti dengan Alphabet yang merupakan perusahaan induk dari Google.

Jika Apple berhasil mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan paling dikagumi dan paling berharga di dunia, nasib berbeda justru dialami sang pesaing, Samsung. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini tahun lalu masih berada di posisi 35 sebagai perusahaan paling dikagumi, tapi tahun ini terlempar dari daftar 50 besar.

[Baca juga: Apple Kembali Dinobatkan Perusahaan Teknologi Paling Hijau]

Nampaknya “bencana” Galaxy Note 7 sangat memberikan dampak yang cukup besar bagi Samsung. Kegagalan Note 7 yang akhirnya memaksa Samsung untuk menarik produknya itu dari pasaran telah meruntuhkan nama besar Samsung.

Apple sendiri pertama kali meraih gelar perusahaan paling dikagumi di dunia sejak tahun 2007, bertepatan dengan peluncuran pertama kali iPhone. Produk smartphone paling terkenal sejagat ini membuat nama Apple meroket di seluruh dunia, dan membuat pundi-pundi pendapatan mereka berlimpah.

ViaCnet
SourceFortune

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI