Apple Kembali Dinobatkan Sebagai Perusahaan Teknologi Paling “Hijau”

Telset.id, Jakarta – Sebuah laporan terbaru dari Greenpeace kembali menempatkan Apple sebagai perusahaan teknologi paling ramah lingkungan. Ini adalah kali ketiga perusahaan asal Cupertino itu meraih predikat tersebut.

Greenpeace sendiri mulai meneliti konsumsi energi dari sektor TI pada tahun 2009, memperkirakan harga yang harus dibayar lingkungan untuk setiap kegiatan yang dilakukan perusahaan teknologi di dunia. Ini menggambarkan pusat data sebagai pabrik dari abad ke-21 dan ingin melihat perusahaan-perusahaan terus mengimplementasikan proyek energi terbarukan.

Perlu dicatat bahwa daftar ini hanya menilai penggunaan energi mereka, ketimbang keseluruhan sikap mereka terhadap lingkungan. Bukan hal yang mengejutkan untuk melihat nama-nama seperti Apple, Google dan Facebook berada di posisi teratas. Hal ini dikarenakan aksi dan komitmen mereka untuk energi hijau dan transparansi.

Perusahaan-perusahaan yang tidak merilis informasi tentang jejak energi mereka diberi skor F karena tidak cukup berkontribusi. Sayangnya, itu mencakup banyak nama yang familiar di telinga kita, termasuk Twitter, Reddit dan Hulu, yang semuanya akan perlu melakukan lebih baik di masa mendatang.

Ada juga banyak perusahaan teknologi terkenal yang akhirnya mendapatkan skor buruk untuk konsumsi energi mereka. Nama-nama itu adalah Amazon Web Service (bersama dengan kliennya, Netflix), HBO, Asus, Acer dan divisi layanan TI Samsung, lapor Engadget, Jumat (13/1/2017).

Secara keseluruhan, laporan setebal 102 halaman itu mengurai bauran energi yang digunakan oleh masing-masing pusat data, transparansi dan upaya mereka untuk mendapatkan energi yang lebih hijau. [IF]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI