Apple Dikabarkan Tengah Kembangkan Chip Khusus AI

Telset.id, Jakarta – Dunia teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) sedang berkembang dengan cepat. Banyak perusahaan teknologi seperti Google dan lainnya sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi tersebut.

Melihat kemajuan ini, Apple dikabarkan mulai ikut menggarap teknologi tersebut. Bahkan seperti dikutip dari laman Bloomerg, Apple dikabarkan tengah kembangkan chip khusus untuk AI.

Menurut kabar yang beredar, Apple menamakan chip ini sebagai Apple Neural Engine. Chip ini sendiri memiliki tugas untuk mengurangi beban tugas yang memerlukan algoritma khusus terhadap pengenalan wajah, suara, serta augmented reality yang menggantungkan diri pada computer vision.

Pihak Apple sendiri mengklaim selain mengurangi beban tugas ke prosesor, chip ini juga diklaim dapat mengurangi penggunaan baterai. Tentunya, jika pengguna sering menggunakan AI dalam perangkat mereka, maka perangkat mereka akan tetap memiliki daya yang cukup untuk digunakan secara normal.

Tujuan utama dari chip ini adalah memisahkan tugas yang membebani prosesor dan kartu grafis iPhone. Hal ini sama seperti penggunaan chip yang berbeda untuk fitur deteksi gerakan dan chip yang membantu AirPods dapat terhubung ke iPhone dengan lebih mudah.

Namun, masih belum jelas apakah Apple akan menanamkan chip ini di produk terbaru mereka. Yang pasti, Apple dikabarkan sudah melakukan pengujuan chip ini di salah satu purwarupa iPhone. (NC/MS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here