Apple Bayar Tunggakan Pajak ke Irlandia Rp 228,9 Triliun

Telset.id, Jakarta – Akhirnya Apple mematuhi permintaan Komisi Eropa untuk membayar tunggakan pajaknya ke Irlandia. Jumlahnya tak tanggung-tangnggung, yakni US$ 15,4 miliar atau mencapai Rp 228,9 triliun. Ini belum termasuk bunga yang mencapai US4 1,4 miliar atau setara Rp 20,8 triliun.

Dengan adanya pelunasan ini Uni Eropa menganggap Apple beritikad baik dalam melaksanakan bisnis dengan mematuhi regulasi di Kawasan tersebut. Alhasil Otoritas region ini bakal membatalkan gugatannya terhadap Apple.

Uang pajak Apple akan masuk ke rekening penampungan escrow, sambil menunggu hasil sidang banding mereka melawan putusan itu.

Menteri keuangan Irlandia Paschal Donohoe menyatakan bahwa negaranya sudah memulihkan seluruh tunggakan pajak perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Apple dianggap sudah mematuhi regulasi keringanan pajak yang berlaku di negara itu.

Baca juga: Google Kantongi Izin Komisi Eropa untuk Akusisi Motorola Mobility

“Pemerintah Irlandia pada dasarnya tidak setuju dengan analisis Komisi Eropa mengenai bantuan Apple. Saat ini kami berupaya  membatalkan keputusan itu di pengadilan Eropa,” kata Donohoe.

Menurutnya Irlandia telah berkomitmen selalu menegaskan bahwa negara itu akan memulihkan dugaan bantuan negara.

Pihak Apple menolak mengomentari keputusan tersebut. Namun mereka mengatakan bahwa perusahaan ini bekerja sama dengan semua pihak dalam proses pemulihan dan yakin keputusan itu akan dibatalkan.

Edan! Apple Bayar Tunggakan Pajak Ke Irlandia Rp 228,9 Triliun

Uni Eropa menganggap kebijakan keringanan pajak Irlandia untuk Apple ilegal pada 2016 lalu karena memberi perusahaan itu keuntungan signifikan atas para kompetitornya.

Apple diperintahkan untuk membayar kembali pajak yang terhutang untuk periode antara 2003 dan 2014, bersama dengan bunga.

Baca Juga : Uni Eropa akan Denda Organisasi Politik yang Curi Data Pribadi

Sayangnya, Apple kalah dalam pengadilan banding sehingga raksasa teknologi AS itu harus membayar kembali pajaknya. Pembayaran itu dimulai menyetorkan US$ 1,76 miliar pada bulan Mei tahun ini, yang kemudian menjadi dana escrow.

“Mengingat pembayaran penuh pajak Apple ke Irlandia, Komisioner Eropa Vestager akan mengusulkan kepada Dewan Komisaris untuk mencabut gugatan pengadilan ,” kata juru bicara Komisi Eropa Ricardo Cardoso. [WS/HBS]

Sumber: Engadget

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI