telset

Android Masih Jadi Ponsel Favorit, Kuasai 87% Pasar

Telset.id, Jakarta – Android masih jadi ponsel favorit di seluruh dunia, setidaknya hingga pertengahan tahun 2017. Hal ini terungkap saat perusahaan analis pasar, Gartner merilis data terbaru mereka tentang market share ponsel dunia di kuartal ketiga tahun ini.

Secara keseluruhan, penjualan ponsel pintar di seluruh dunia meningkat 7,6 persen dalam periode April hingga Juni 2017. Total ada sekitar 366,2 juta perangkat yang dibeli oleh masyarakat dunia dalam periode singkat tersebut.

[Baca juga: Intip Siapa yang Ada di Jaringan WiFi dan Cara Memblokirnya]

Dari keseluruhan ponsel ini, Android masih memiliki pasar yang paling besar, yakni sebesar 87,7 persen. Menyusul di posisi kedua perangkat iOS, yang mampu mendapatkan pangsa pasar sebesar 12,1 persen. Sedangkan sisanya adalah perangkat dengan sistem operasi lain.

Untuk vendor penjual ponsel terbanyak, Samsung masih menguasai pasar dengan mengirim 82,5 juta ponsel dan menguasai sekitar 22,5 persen penjualan perangkat Android.

Di posisi kedua ada Apple dengan penjualan perangkat sebanyak 44,3 juta, yang turun tipis jika dibandingkan dengan tahun lalu. Namun para analis Gartner memperkirakan penjualan akan meningkat di kuartal keempat berkat peluncuran iPhone Apple 7s, iPhone 7s Plus dan iPhone 8.

[Baca juga: Ini Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Note 8]

Sedangkan di posisi ketiga penjualan ponsel terbanyak adalah Huawei dengan penjualan 36 juta ponsel. Hasil ini membuat Huawei menguasai pangsa pasar sebesar 9,8 persen.

Kemudian disusul oleh OPPO dan Vivo di posisi keempat dan kelima. Tren ini persis seperti apa yang diprediksi oleh Gartner.

“Merek lain yang lebih kecil, Seperti HTC, LG, dan Sony tergencet diantara vendor Tiongkok yang kian agresif menjual perangkat mereka,” ujar direktur riset Gartner, Anshul Gupta seperti Telset.id kutip dari laman Phone Arena.

Namun, angka penjualan ini nampaknya akan berubah drastis pada akhir tahun 2017. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja meluncurkan ponsel terbaru mereka yakni Galaxy Note 8 serta Apple yang akan meluncurkan ponsel edisi 10 tahun mereka, yakni iPhone8. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0