Android Makin Menjauhi iOS

Telset.id, Jakarta – Android masih menguasai pasar sistem operasi mobile, mengungguli iOS. Menurut lembaga survey Kantar World Panel, pangsa pasar Android meningkat di kuartal pertama 2016, sementara iOS justru mengalami penurunan.

Data terbaru yang dirilis oleh Kantar untuk Q1 2016 mengungkap bahwa pangsa pasar Android di EU5 (Inggris, Jerman, Perancis, Italia, dan Spanyol) sebesar 74,6%, atau meningkat 7,1% dibanding periode yang sama setahun sebelumnya.

Sementara untuk pasar Amerika juga meningkat sebesar 7.3% ke angka 65,5%. Hal serupa juga terjadi di pasar China, dimana Android menguasai 77% pasar, atau meningkat meningkat 6% dibanding periode yang sama setahun lalu. Lalu bagaimana dengan iOS?

Sistem oporasi mobile besutan Apple ini ternyata masih terseok-seok mengejar sang pesaing Android. Alih-alih memangkas ketertinggalan mereka, pangsa pasar iOS malah cenderung menurun di EU dan China.

Kantar menyebutkan bahwa kenaikan pangsa pasar Android tidak hanya dipengaruhi oleh satu atau dua vendor, tetapi dari berbagai merk dan ekosistem. Misalnya, pengguna perangkat Windows Phone pertama kali banyak yang mengganti perangkat mereka ke platform Android.

Selain itu, penjualan flagship Samsung Galaxy S7 juga disebut cukup memberi andil pada naiknya pangsa pasar Android. Di Amerika Serikat misalnya, Galaxy S7 mampu berada di posisi lima besar walaupun baru tersedia dalam beberapa pekan. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0