telset

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ganti TV Analog ke Digital

Telset.id – Pemerintah berencana melakukan migrasi dari TV analog ke digital mulai April 2022 mendatang. Ada beberapa alasan mengapa kebijakan ini dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kominfo. Berikut adalah beberapa alasan kenapa harus migrasi ke TV digital.

Rencana pemerintah untuk migrasi ke TV digital tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran, (PM Kominfo 6/2021).

Rencananya program akan dilakukan dalam 3 tahap yakni April, Agustus, dan November 2022. Di tahap akhir diharapkan semua siaran televisi sudah beralih ke digital dan bisa dinikmati oleh masyarakat.

{Baca juga: Dampak Pandemi, Migrasi TV Digital Diundur jadi April 2022}

Nah, tim Telset telah merangkum beberapa alasan utama kenapa harus migrasi ke TV digital. Berikut ini informasi selengkapnya, sob!

1. Siaran Televisi Lebih Jernih

Alasan Kenapa Migrasi TV Digital
Migrasi ke televisi digital

Alasan yang pertama, Anda akan mendapatkan siaran yang lebih jernih. Perlu diketahui bahwa siaran televisi analog berbeda dengan digital. Siaran analog ditransmisikan dari gelombang AM untuk video dan gelombang FM untuk audio.

Sedangkan siaran TV digital menggunakan transmisi sinyal dalam bentuk format “bit” atau data informasi. Dengan transmisi dalam bentuk data informasi, siaran televisi menjadi lebih jernih dan suaranya lebih jelas.

Dengan menggunakan siaran digital, Anda tidak akan menemukan masalah “layar bersemut” yang kerap terjadi di TV analog.

2. Untuk Memaksimalkan Jaringan 5G di Indonesia

Alasan Kenapa Migrasi TV Digital 5G

Ini adalah salah satu alasan utama kenapa harus dilakukan migrasi dari TV analog ke digital. Perpindahan ini sangatlah penting untuk memaksimalkan jaringan 5G di Indonesia.

Perlu diketahui, selama ini siaran TV analog membutuhkan pita frekuensi 328 Mhz. Ketika migrasi ke digital selesai dilakukan, maka dari frekuensi 328 MHz akan dihasilkan penggunaan efisiensi spektrum atau digital dividen sebesar 112 MHz.

{Baca juga: Daftar Paket Internet Telkomsel Terbaru Agustus 2021, Ada Paket 5G!}

Digital dividen bisa untuk memperluas, menambah kapasitas, jangkauan dan kualitas internet broadband di Indonesia khususnya jaringan 5G. Frekuensi bisa digunakan untuk pemerataan koneksi 5G di berbagai wilayah, sehingga proses transformasi digital Indonesia bisa semakin cepat.

Saat ini sudah ada 3 operator seluler yang menggelar 5G yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata. Dengan adanya dividen digital, ketiga operator seluler dapat memanfaatkannya untuk menggelar 5G lebih luas lagi.

3. Siaran TV Lebih Tahan Terhadap Cuaca Buruk 

Alasan lain mengapa harus migrasi ke TV digital karena siarannya lebih tahan terhadap cuaca buruk. Selama ini salah satu permasalahan di TV analog adalah saat cuara buruk seperti angin kencang ataupun hujan deras, otomatis siaran akan terganggu.

Namun, hal tersebut bisa diminimalisir dengan siaran TV digital. Kualitas siaran televisi tidak terpengaruh oleh cuaca buruk. Jadi Anda bisa tetap menikmati siaran televisi walaupun cuaca di luar tidak bersahabat.

4. Siaran Televisi Lebih Merata 

Masyarakat di luar Jabodetabek atau Pulau Jawa seringkali kurang mendapatkan siaran televisi yang maksimal. Ada siaran-siaran televisi tertentu yang tidak bisa diakses oleh masyarakat sehingga mereka kurang mendapatkan informasi yang jelas.

{Baca juga: 25 Situs Nonton Film Online Gratis, Link Terbaru 2021!}

Akan tetapi, masalah ini tidak akan terjadi jika menggunakan televisi digital. Dengan TV digital, siaran bisa lebih merata sehingga baik masyarakat di pelosok pun, sama-sama bisa mengakses siaran yang lebih baik.

5. Mendorong Kompetisi yang Adil di Industri Televisi

Kebijakan Analog Switch Off (ASO) akan membuat kompetisi yang adil di industri televisi. Pasalnya, perusahaan televisi swasta sama-sama dapat menjangkau seluruh penonton di Indonesia.

Alhasil persaingan industri televisi bisa bersaing secara sehat dan tidak menutup kemungkinan hadirnya para pemain-pemain baru dengan konten yang menarik.

So, itu tadi informasi mengenai alasan utama kenapa harus migrasi ke TV digital. Ada banyak keuntungan bagi Anda, pemerintah, dan stasiun televisi peroleh dari kebijakan USO tersebut. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0