Akhirnya.. Pulau Nusa Laut Nikmati Layanan Seluler

Telset.id, Ambon – Telkomsel menjadi operator seluler yang paling aktif menggelar layanannya di daerah terpencil dan juga pulau-pulau terluar di Indonesia. Yang paling baru, anak usaha Telkom Grup ini menggelar base transceiver station (BTS) berteknologi 2G dan 3G di Pulau Nusa Laut, Maluku

Layanan komunikasi sudah menjadi kebutuhan penting untuk membuka keterisolasian. Butuh komitmen yang tinggi bagi para operator seluler untuk mau masuk ke wilayah-wilayah terpencil atau pulau terluar di Indonesia yang memiliki infrastruktur sangat terbatas.

Komitmen itu diperlihatkan Telkomsel dengan penggelaran BTS berteknologi 2G dan 3G di Pulau Nusa Laut yang berlokasi di Kepulauan Lease, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

“Dengan adanya sinyal Telkomsel, pelajar sangat terbantu untuk mendapatkan informasi tentang pelajaran dari internet, karena di sini buku sangat terbatas,” kata Wempy Kepala Negeri Ameth Wempy Parenusa..

Menurutnya, sinyal Telkomsel juga sangat membantu mereka dalam urusan pemerintahan, sehingga memudahkan dalam berkoordinasi. Dia berharap Telkomsel meningkatkan teknologi agar mereka bisa melakukan video call di Nusa Laut.

“Dulu kalau mau berkomunikasi, kami harus ke negeri sebelah, sehingga kadang ‘bergesekan’. Saya sangat berterima kasih Telkomsel hadir di Abubu, sehingga lebih aman dan mudah berhubungan dengan keluarga terutama yang berada di perantauan,” tutur Dani Lekahena, Kepala Urusan Pemerintahan Negeri Abubu.

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid mengatakan, Telkomsel bertekad untuk menghubungkan seluruh masyarakat Indonesia dengan layanan komunikasi. Tidak terkecuali di wilayah-wilayah dengan infrastruktur yang terbatas seperti di Nusa Laut, yang menjadi pulau terkecil yang dihuni di Kepulauan Lease.

“Kami berharap penggelaran jaringan komunikasi mampu mendukung masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan potensi Nusa Laut, terutama di bidang pariwisata, perikanan, pertanian, perkebunan, dan peternakan, sehingga turut menggerakkan perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Kecamatan Nusa Laut, yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Saparua pada tahun 2001, adalah salah satu dari 17 kecamatan yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah.

Wilayah yang memiliki luas wilayah 32,5 kilometer persegi dan berpenduduk lebih dari 6.000 jiwa ini terdiri tujuh negeri atau desa, yakni Ameth, Akoon, Abubu, Titawaai, Leinitu, Sila, dan Nalahia.

Saat ini Telkomsel telah melayani lebih dari 1.700 pelanggan di Nusa Laut, di sekitar 1.100 di antaranya aktif menggunakan layanan data.

Nusa Laut Adventure

Dalam rangka momen HUT TNI ke-71, Telkomsel juga mendukung Nusa Laut Adventure yang diselenggarakan Kodam XVI/Pattimura pada 15 Oktober 2016 di Nusa Laut. Ajang olahraga triathlon ini akan menjelajahi seluruh negeri di Pulau Nusa Laut, dimulai dari Teluk Sila, kemudian Leinitu, Titawaai, Abubu, Akoon, Ameth, dan berakhir di Nalahia.

Para peserta yang diperkirakan berjumlah 500 orang akan berenang dengan menempuh jarak 300 meter, kemudian bersepeda sejauh 22,7 kilometer, dan diakhiri dengan berlari dengan jarak 5 kilometer.

Dengan konsep lomba yang fun and friendly, peserta tidak hanya datang untuk berlomba, tetapi juga dapat menikmati keindahan alam dan keramahan warga Nusa Laut dengan tinggal di rumah penduduk (home stay).

Untuk mendukung Nusa Laut Adventure, Telkomsel telah memperkuat jaringan dengan mengoperasikan dua unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS di Atabubu dan Leinitu.

Di samping itu, masyarakat juga bisa menikmati kartu perdana simPATI edisi khusus Nusa Laut dengan kuota internet sebesar 12 GB dengan harga spesial yang bisa diperoleh di Bandara Pattimura, Pelabuhan Waai, dan lokasi acara.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI