4G LTE XL Axiata Sambangi Samarinda dan Balikpapan

Telset.id, Samarinda – XL Axiata memperluas layanan 4G LTE di wilayah Kalimantan dengan menyambangi kota Samarinda dan Balikpapan. Dipilihnya kedua kota ini karena dianggap memiliki potensi ekonomi yang besar, dan berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia.

Kedua kota besar di Kalimantan Timur tersebut memiliki nilai penting bagi XL karena memiliki potensi ekonomi yang besar, dan akan menjadi kota-kota penopang utama pembangunan di kawasan Kalimantan Timur dan Utara hingga perbatasan dengan Sabah.

“Layanan internet cepat 4G LTE di Samarinda dan Balikpapan ini akan mendukung aktivitas masyarakat dan juga pelaku bisnis di kota ini, bahkan juga dampak positifnya secara tak langsung juga akan dirasakan di daerah sekitarnya,” kata Vice President (VP) XL Axiata North Region, Handono Warih.

Menurut Warih, Samarinda adalah pusat pemerintahan provinsi dan perekonomian. Fasilitas koneksi 4G LTE juga akan sangat membantu upaya pelaku bisnis meningkatkan daya saing produk ekonomi setempat di pasar yang lebih luas, sekaligus mengangkat potensi daerah.

Warih memastikan, layanan 4G LTE dari XL ini akan sangat membantu aktivitas di berbagai bidang, baik pemerintahan maupun bisnis, termasuk juga di bidang hiburan, hingga aktivitas sosial kemasyarakatan secara khusus di Samarinda dan Balikpapan.di Kalimantan.

Sementara itu, General Manager LTE Execution Assurance XL Axiata, Ronhugo Verry Leonard Tambunan menambahkan, bahwa layanan 4G LTE di Samarinda dan sekitarnya ditopang oleh 80 BTS 4G.

“Di Samarinda, area yang terjangkau layanan 4G pada tahap awal ini adalah Loa Janan Ilir, Palaran dan Sanga-sanga,” ujarnya.

Pada area-area tersebut, lanjut Verry, terdapat pusat pemerintahan provinsi dan daerah, pusat bisnis lokal, sentra industri, beberapa lembaga pendidikan, pemukiman warga, Kantor Gubernur, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie, Mall, dan ruang publik lainnya.

Ia mengungkapkan, dari total lebih dari 25 ribu pelanggan pelanggan di kota-kota tersebut, 50% di antaranya merupakan pelanggan aktif layanan Data, dan telah menggunakan smartphone spesifikasi 4G. Trafik layanan Data di kota ini dan juga di dua kota besar lainnya, yaitu Balikapapan dan Bontang juga terus meningkat secara signifikan.

Secara nasional, hingga memasuki kuartal kedua 2017, layanan 4G dari XL telah melayani pelanggan XL di sekitar 100 kota di Indonesia. Sepanjang tahun 2017, XL berharap menggelar layanan 4G ini di 330 kota di berbagai daerah, termasuk di Kalimantan Timur serta membangun sekitar 17 ribu BTS 4G di seluruh Indonesia.

“Pelanggan yang telah menggunakan 4G XL mencapai sekitar 14 juta atau 30% dari total jumlah pelanggan XL,” tutur Verry. [MS/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI