Telset.id, Jakarta – Telkomsel secara konsisten terus mendorong pelanggannya untuk beralih ke layanan 4G LTE. Hasilnya, tahun ini 4G Telkomsel akan beroperasi di 30 kota, dan telah memiliki lebih dari 2,8 juta pelanggan.
Layanan 4G Telkomsel pun terus diadopsi oleh masyarakat, dan terus meningkat seiring dengan banyaknya permintaan penggantian uSIM (simcard 4G).
Konsistensi Telkomsel dalam menghadirkan layanan 4G LTE sejak pertama kali diluncurkan menjadikannya Top 5 Finalist Mob-Ex Awards dari 340 submission dari 89 negara se Asia Oceania untuk kategori Best Location Based Marketing dalam campaign LTE GraPARI Visit.
Terpilihnya Telkomsel sebagai nominasi diantaranya berdasarkan tingginya take up rate terhadap campaign ini, tepatnya analisa yang dilakukan untuk dapat mengkonversi pelanggan ke layanan 4G dan kreativitas dalam melakukan campaign.
Mob-Ex Awards 2016 yang sudah diselenggarakan kali keempat ini merupakan ajang penghargaan Internasional dalam hal mobile marketing excellence yang diadakan di Singapura dan Hong Kong.
Dalam ajang penghargaan ini beberapa hal yang menjadi bidang penilaian adalah campaign yang inovatif dan efektif serta marketing project, baik secara mobile maupun dalam bentuk aplikasi.
“Sejak awal peluncuran, kami selalu mengutamakan kemudahan bagi pelanggan untuk dapat beralih dan segera menggunakan layanan 4G,” kata Vice President LTE Commercial Telkomsel, Lindayanti Harjono, dalam keterangan persnya, Sabtu (13/2/2016).
Selain kemudahan dalam berlangganan, lanjut Lindayanti, Telkomsel juga menghadirkan berbagai penawaran menarik yang dibuat berdasarkan kebutuhan pelanggan.
Contohnya, saat ini sebagai apresiasi bagi pelanggan yang melakukan migrasi ke USIM, terdapat special promo berupa cashback Rp 50.000, Rp 50.000 voucher Lazada dan 4GB data untuk layanan prepaid (prabayar).
Sedangkan untuk postpaid (pascabayar) akan mendapat 2 tiket Blitzmegaplex, atau Rp 50.000 Voucher Coffee Bean atau 1 bulan free Gold’s Gym.
Lindayanti lebih lanjut menjelaskan bahwa upaya untuk mengkonversi pelanggan ke layanan 4G didukung oleh platform Digital Advertising yang handal, sehingga penawaran-penawaran yang diberikan dapat diterima dengan lebih efektif dan tepat sasaran.
“Selain itu, penggunaan Location Based Advertising juga lebih efisien jika dibandingkan dengan media lain seperti SMS, dan lebih terukur,” jelasnya.
Berbagai customer touch point pun disiapkan oleh Telkomsel agar pelanggan dapat lebih mudah menukarkan simcard 4G, seperti di MyGraPARI yang merupakan media pelayanan Walk In Telkomsel yang bersifat digital dan dapat diakses secara mandiri (self-service) oleh pelanggan. Selain itu penukaran juga dapat dilakukan di berbagai roadshow 4G LTE yang dilakukan di mal-mal.
Untuk mendukung jaringan 4G LTE, secara nasional Telkomsel memiliki 4.500 eNodeB (BTS 4G) yang tersebar di berbagai kota. Telkomsel 4G juga merupakan layanan 4G pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan International Roaming. [HBS]