Teleskop Hubble Ungkap Asal-usul Galaxy dan Bintang

Teleskop Hubble Galaxy

Telset.id, Jakarta  – Para ilmuwan mencoba “mengintip” data masa lalu teleskop Hubble dan berhasil membuat penemuan menakjubkan. Penemuan itu terkait asal-usul galaksi dan bintang pertama.

Teleskop Hubble dan perangkat keras penglihatan kosmos lain memang mengumpulkan begitu banyak data selama pengamatan. Tak jarang, temuan baru muncul setelah berbulan-bulan atau bahkan sampai tahunan.

{Baca juga: Rentetan Foto Menakjubkan di Hari Jadi 30 Tahun Teleskop Hubble}

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Minggu (7/6/2020), muncul kasus studi baru terhadap data yang dikumpulkan selama program Hubble Frontier Fields, yang berakhir pada 2017 lalu.

Para peneliti memeriksa banyak data dan menulis makalah pada 2019 yang merinci temuan. Lebih dari setahun kemudian, mereka menemukan sesuatu istimewa dari Hubble soal asal-usul galaksi dan bintang pertama.

Setelah Big Bang, bintang-bintang terbentuk. Para ilmuwan percaya bahwa bintang-bintang awal itu unik karena beberapa elemen yang ditemukan dalam bintang saat ini hanya dapat dibuat di dalam bintang.

Jadi, temuan tersebut adalah skenario ayam-atau-telur. Namun, para peneliti telah memilih telur. Sederhananya, mereka meyakini bahwa bintang-bintang awal terbuat dari hidrogen, helium, dan litium dan menjadi asal-usul Galaxy.

Bintang-bintang yang terdiri atas bahan-bahan tersebut dikenal sebagai bintang Population III. Hubble memburu bintang-bintang itu dengan cara mengintip ke dalam jagat raya yang jaraknya begitu jauh.

Cahaya yang mencapai Bumi saat ini berasal dari 500 juta hingga 1 miliar tahun Big Bang. Jika teori tentang alam semesta awal adalah benar, Hubble bisa melihat beberapa bintang Populasi III hanya nongkrong.

Teleskop Hubble, yang dioperasikan oleh NASA dan Badan Antariksa Eropa, telah terbang tinggi selama hampir tiga dekade penuh. Hubble memberi umat manusia beberapa penemuan luar biasa, salah satunya merekam keajaiban kosmik di hari ulang tahunmu.

{Baca juga: Teleskop Hubble Tangkap Bintik Hitam Raksasa di Neptunus}

Selama hampir 30 tahun berada di orbit, Hubble telah mengumpulkan cukup banyak gambar dan setidaknya ada satu bidikan spektakuler untuk setiap hari selama tahun kalender.

NASA mengetahui hal ini. Untuk membantu merayakan ulang tahun ke-30 pesawat yang akan datang, agensi mengumpulkan alat kecil guna menunjukkan keajaiban kosmik yang ditatap Hubble pada hari ulang tahun Anda tahun-tahun lalu. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here