Teleskop Hubble Rekam Badai Jupiter dan Bulan Europa

Telset.id, Jakarta – Rincian badai dahsyat Jupiter ditampilkan sepenuhnya dalam foto Teleskop Luar Angkasa Hubble terbaru, bersama dengan bulan yang berpotensi mendukung kehidupan planet, Europa.

Gambar luar angkasa tersebut diabadikan pada 25 Agustus 2020 dan dirilis Kamis (17/9/2020) waktu setempat. Gambar menampilkan Bintik Merah Besar Jupiter, badai antiklonik besar-besaran, serta badai baru.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, apa yang terekam oleh Hubble digambarkan sebagai pita terang, putih, membentang, yang mengelilingi gas planet 350 mil per jam.

Europa bersinar sebagai titik terang di sebelah kiri Jupiter dalam gambar. Planet itu berjarak 406 juta mil dari Bumi. Para Europa, yang lebih kecil dari bulan Bumi, punya lautan mengalir di bawah permukaan es.

{Baca juga: Foto Memukau dari Jupiter Berhasil Diabadaikan Astronom}

NASA berencana untuk menjelajahi bulan pada akhir dekade ini untuk melihat apakah ada kemungkinan kondisi layak untuk kehidupan. Akan tetapi, misi tersebut masih butuh pengkajian lebih lanjut.

Bintik Merah Besar Jupiter, yang telah diamati secara terus menerus selama lebih dari satu abad, adalah bayangan yang sangat dalam di foto terbaru yang direkam oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Para ilmuwan telah mengamati badai super tersebut menyusut dalam ukuran sejak 1930 silam meskipun berukuran sekitar 9.800 mil. Asal tahu saja, ukuran sebesar itu cukup untuk menelan Bumi.

Oval BA, yang dikenal para astronom sebagai “Bintik Merah Jr”, dapat dilihat tepat di bawah Bintik Merah Besar. Badai lebih kecil menjadi sedikit lebih gelap setelah berubah warna dari merah ke putih pada 2006.

{Baca juga: Peneliti NASA Yakin Lautan di Europa Jupiter Bisa Dihuni Manusia}

Ngomong-ngomong soal Jupiter, sebelumnya peneliti JPL NASA Mohit Melwani Daswani juga menyebut bahwa lautan di bulan Europa Jupiter bisa dihuni manusia.

Europa Jupiter sendiri adalah merupakan bulan keenam terbesar di Tata Surya. NASA akan mengeksplorasi bulan Europa di Jupiter pada dekade mendatang.

Seiring rencana NASA, para peneliti semakin yakin bahwa lautan di bulan Europa Jupiter itu bisa dihuni. Badan antariksa Amerika Serikat ini pun mengembangkan model perencanaan. [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here