Foto Memukau dari Jupiter Berhasil Diabadaikan Astronom

Foto Jupiter

Telset.id, Jakarta  – Sebuah foto luar biasa dari planet Jupiter yang bersinar telah ditangkap oleh para astronom menggunakan teknik “lucky imaging“. Bidikan itu merupakan satu pengamatan paling tajam dari planet besar yang pernah ditangkap oleh teleskop di Bumi.

Foto planet Jupiter ini diambil lewat inframerah oleh Gemini North Telescope di Hawaii. Seperti dilansir New York Post, teknik “pencitraan keberuntungan” digunakan untuk menggosok efek buram yang terjadi ketika melihat sebuah objek melalui atmosfer turbulen Bumi.

Teknik itu melibatkan pengambilan beberapa eksposur Jupiter dan hanya menjaga tembakan paling tidak buram. Dikutip Telset.id, Rabu (16/05/2020), “tembakan yang beruntung” tersebut kemudian disatukan oleh para peneliti untuk membuat gambar lebih jelas.

{Baca juga: Fakta Baru! Permukaan Planet Mars Pernah Berwarna Biru}

Foto Jupiter

Pencitraan inframerah juga digunakan untuk melewati kabut dan awan yang biasanya kita lihat di bagian atas atmosfer Jupiter. Metode yang digunakan itu memungkinkan para peneliti untuk melihat daerah-daerah yang lebih hangat di Jupiter secara lebih jelas.

Dengan demikian, para ilmuwan bisa terbantu ketika menyelidiki lebih dalam tentang kerja internal Jupiter, seperti alasan di balik badai hebat di sana. Jupiter diperkirakan memiliki badai yang sangat kuat sehingga dapat bertahan selama beberapa dekade, bahkan abad.

Foto Jupiter

{Baca juga: Bikin Takjub, Ini Penampakan Foto Bulan Paling Jelas di Dunia}

Studi yang menghasilkan gambar ini dipimpin oleh University of California di Berkeley. Studi melibatkan pengamatan dari wahana antariksa Hubble dan Juno. Michael Wong dari UC Berkeley, mengatakan, gambar-gambar itu menyaingi pandangan dari luar angkasa.

Maret 2020 lalu, bintik Merah Besar Jupiter (GRS) diketahui menyusut, tetapi tidak dengan cara yang diharapkan oleh para peneliti, menunjukkan bahwa badai masih mempunyai tebal sama dengan 40 tahun lalu ketika NASA Voyager terbang melewatinya pada 1979 silam. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here