Tangkal Hoaks, Polda Metro Jaya Bikin Situs PMJNews

Telset.id, Jakarta – Polda Metro Jaya memiliki senjata baru untuk menangkal berita hoaks. Mereka baru saja merilis portal media online bernama pmjnews.com untuk memberikan informasi dengan tepat kepada publik.

Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz peluncuran situs ini adalah untuk menangkal berita hoaks yang banyak ditemukan di media sosial dan internet.

“Tujuan diluncurkannya pmjnews.com ini untuk menangkal dan melawan berita bohong atau hoaks yang kini begitu masif dan sangat berpengaruh negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa”, ujar Idham Aziz di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (15/11/2018) seperti dilansir dari laman resmi Kominfo.

Menurut Idham banyak masyarakat yang kesulitan dalam membedakan konten hoaks dan konten yang sesuai fakta. Melalui laman pmjnews.com Idham berharap jika portal ini bisa menjadi rujukan masyarakat dalam menerima informasi.

“Kita sangat memperhatikan perkembangan informasi terutama dari media sosial yang banyak sekali peredaran informasi hoaks.  Berangkat dari keprihatinan inilah, pmjnews kita harapkan bisa memberikan informasi benar, cepat, akurat dan tepat untuk melawan hoaks tersebut,” paparnya.

Idham Aziz pun mengintruksikan semua kesatuan di jajaran Polda Metro Jaya, Polres hingga Polsek untuk bersinergi dan bekerja sama dengan pmjnews dalam menginformasikan berita kepada masyarakat supaya informasi di portal tersebut akurat dan bertanggungjawab.

“Khususnya yang berkaitan dengan informasi publik dari kepolisian. Mari kita dukung bersama pmjnews.com untuk berkembang bersama. Menjadi tanggung jawab kita semua agar masyarakat benar-benar mendapat informasi yang benar dan tepat,” ajak Idham Aziz.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan jika pembentukan pmjnews.com adalah inisiasi dari Divisi Humas Polda Metro Jaya.

Portal berita tersebut akan berbentuk website dan aplikasi android sehingga dapat membantu tugas dari humas Polda Metro Jaya.

“Kita harapkan keberadaan media online pmjnews.com ini menjadi suatu cara yang paling tepat dalam menyampaikan informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas kinerja suatu satuan kerja,” ucap Argo.

Selain itu pmjnews diharapkan mampu mengklarifikasi sebuah berita yang acapkali tidak dijelaskan dengan benar oleh media pers lainnya.

“Kita canangkan, untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat untuk menangkal bahaya hoaks. Saya berharap pmjnews.com bisa terdepan dan terpercaya dan acuan kalau ada hoaks atau pemberitaan miring bisa kita luruskan. Harapannya semua fungsi-fungsi menjadi data, dan di humas punya big data dari Polsek, Polres, Polda. Kita punya data dengan cepat dan terpercaya,” ujar Argo.

Pada kesempatan tersebut perwakilan Kominfo mengapresiasi langkah dari pihak kepolisian tersebut. Menurut Plt. Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu portal tersebut bisa menjadi rujukan masyarakat dalam mencari informasi terkait hukum dan kepolisian.

“Saya ucapkan selamat dan sukses atas peluncuran pmjnews.com, portal dan aplikasi berita yang dikembangkan Bidang humas Polda Metro Jaya dan semoga menjadi rujukan utama informasi kepolisian di Indonesia,” ujar Ferdinandus. [SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here